Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Tips dan Cara Memilih Makanan Sehat untuk Bayi

Tips dan Cara Memilih Makanan Sehat untuk Bayi – Buah hati yang usianya masih dalam hitungan bulan memang membutuhkan perhatian yang sangat intens dari orang tuanya, khususnya sang ibunda. Pantas saja, jika setiap detail dari diri mereka akan dipikirkan secara matang dan penuh dengan perhitungan. Terlebih segala sesuatu yang akan masuk ke dalam tubuh mereka atau dalam hal ini adalah makanan. Makanan sehat ini tentu adalah makanan sehat pendamping ASI yang harus disesuaikan dengan usia bayi, anatomi tubuh bayi, dan berpegang atau bertujuan pada kesehatan bayi. Nah, kami dari sehatfit.com akan memberikan tips seputar makanan sehat bayi terbaik untuk buah hati Anda.

Yuk simak dulu tips dan cara memilih makanan sehat untuk bayi di bawah ini

Tips dan Cara Memilih Makanan Sehat untuk Bayi

Tips dan Cara Memilih Makanan Sehat untuk Bayi

Pertama, kenalkan makanan terbaik yang semi padat

Ketika usia bayi menginjak usia 6 bulan, biasanya mereka akan dikenalkan dengan makanan yang teksturnya semi padat. Sebab pada masa inilah daya imun bayi sudah terbentuk serta sistem pencernaannya pun sudah bisa dipakai untuk mencerna makanan selain ASI. Maka untuk mengenalkan mereka pada makanan, makanan semi padat adalah jawabannya. Selain baik untuk kesehatan bayi, ini juga akan membantu bayi untuk terhindar dari alergi makanan dan baik untuk tubuh mereka.

Kedua, makanan asli, bukan tambahan garam ataupun gula

Pada masa awal bayi baru makan makanan yang semi padat, ibunda disarankan untuk memberikan mereka makanan yang asli. Jika Anda memberikan buah, maka berilah buah saja, atau jika pun sayur, maka sayur saja. Hindari menambahkan garam atau gula. Tujuannya adalah supaya bayi mengerti rasa dari makanan secara tunggal dan tidak bercampur. Sehingga mereka nantinya juga akan lebih peka. Apalagi makanan yang mengandung pemanis juga bisa berdampak pada ginjal bayi sehingga tidak disarankan dalam tips dan cara memilih makanan sehat untuk bayi.

Ketiga, satu jenis makanan cukup

Tidak hanya garam maupun gula yang direkomendasikan tidak ditambahkan dalam makanan bayi Anda. Anda juga tidak disarankan untuk mencampur-campurkan makanan. Misalnya, Anda mencampur buah A dengan buah B. Biarkan mereka mengenal satu rasa makanan, bukan campuran dari dua atau lebih makanan. Jika Anda ingin membuatkan bubur beras, maka buatkan bubur beras saja, tanpa campuran dari makanan lainnya. Dia akan terlatih untuk merespon rasa dari makanan. Ini juga bisa membuat ibu mengerti makanan yang disukai buah hatinya dan makanan mana yang tidak disukai.

Keempat, membuat sendiri

Supaya apa yang Anda berikan kepada buah hati Anda terjaga kualitasnya, maka buatlah semuanya sendiri dengan tangan Anda. Anda bisa mulai menyediakan penggilingan di rumah yang bersih dan terjaga. Buatlah makanan yang tadinya padat menjadi bertekstur lembut semi padat dan bisa dikonsumsi oleh bayi Anda.

Kelima, banyak belajar dari ibu dan orang sekitar

Ibu Anda adalah ladang tempat menimba ilmu. Sebagai nenek dari buah hati Anda, mereka akan secara otomatis memberikan saran dalam tips dan cara memilih makanan sehat untuk bayi Anda. terima saran dan gali ilmu sebanyak-banyaknya dari mereka. Tidak hanya ibu, Anda juga bisa bertanya kepada saudara, sepupu, ipar, atau yang lainnya, yang telah lebih dulu menjadi ibu. Jangan segan bertanya dan menemukan apa yang terbaik untuk buah hati Anda. Anda juga bisa mulai mencari banyak info yang tersedia di internet supaya bisa menjadi ibunda yang cerdas.

Demikian info tips dan cara memilih makanan sehat untuk bayi, semoga bermanfaat.


Tags: , , , , ,