Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Tanda dan Gejala Penyakit Maag

Tanda dan Gejala Penyakit Maag – Maag menjadi satu penyakit yang sepertinya umum diderita oleh penduduk Indonesia. Tidak hanya orang dewasa, usia remaja pun bisa didera penyakit yang satu ini. Pola hidup yang kurang sehat bisa menjadi salah satu pemicu akan hal ini. Dan tentu saja hal ini harus dihindari supaya kita semua bisa sehat dan terhindar dari penyakit yang cukup mengganggu ini. Apalagi, maag tingkat lanjut bisa memasuki kasus akut dan sangat berdampak buruk pada kesehatan secara menyeluruh.

Mengenali tanda dan gejala awal penyakit maag

Tanda dan Gejala Penyakit Maag

Oleh karena itu, penting kiranya bagi kita semua untuk mengenali penyakit maag dan menemukan cara pencegahan yang tepat. Tujuannya adalah agar bisa terhindar dari penyakit yang satu ini. Berikut adalah gejala sekaligus trik pencegahan maag.

Pertama, perut yang kembung

Gejala maag yang paling mungkin dialami oleh seseorang adalah perut yang kembung. Namun ini bukan berarti bahwa setiap perut Anda kembung Anda mengalami maag. Yang pasti, saat perut kembung, ini menandakan kalau banyak gas di dalam perut, khususnya lambung.

Kedua, sendawa

Selain kembung, sendawa juga menjadi salah satu ciri-ciri penyakit maag yang mungkin. Sendawa ini menjadi akibat dari berkumpulnya gas atau banyaknya gas di dalam lambung. Maka dari itu, ketika seseorang sering bersendawa, ini dikaitkan dengan penyakit maag juga.

Ketiga, rasa sering lapar

Perasaan lapar yang Anda rasakan bisa jadi tanda dan gejala penyakit maag yang harus diwaspadai. Biasanya ini terjadi saat seseorang tidak menjaga pola makannya dengan baik. Atau dengan kata lain makan secara tidak teratur.

Keempat, mual dan muntah

Yang paling sering dialami oleh penderita maag adalah mual dan muntah. Mual yang dialami oleh seorang penderita penyakit maag diakibatkan oleh asam lambung yang naik. Bisa jadi, yang dimuntahkan adalah asam lambungnya saja, namun bisa jadi pula makanan yang sudah dikonsumsi sebelumnya.

Kelima, sakit di bagian perut

Sakit di bagian perut juga menjadi penanda sakit maag. Biasanya rasanya nyeri di sekitar perut bagian kiri. Dan biasanya dokter pun akan memeriksa jika Anda sudah tidak tahan dengan rasa sakitnya.

Baca Juga: Awas, Ciri-ciri Penyakit Jantung Mirip Penyakit Maag

Keenam, ulu hati atau sekitar dada

Sakit di sekitar ulu hati atau dada juga bisa menjadi penanda atau gejala dari maag. Namun, ini bisa jadi masalah lain, seperti jantung. Oleh sebab itu, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan jawaban yang lebih detail dan menenangkan.

Trik pencegahan penyakit maag

Sebenarnya maag bisa dicegah, baik oleh orang yang belum maupun sudah menderita maag. Mereka harus menjaga pola makan, menghindari makanan yang bisa memicu asam lambung, dan memilih makanan yang lebih sehat. Kemudian juga tidak mengabaikan jam makan, makan secara teratur, dan yang terpenting menjaga kebersihan. Istirahat dan pola pikir juga harus diperhatikan. Capek dan stres sebisa mungkin dihindari agar tanda dan gejala penyakit maag awal tidak dialami.


Tags: , , , , , , ,