Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Tanda Ciri Gejala Kanker yang Sering Diabaikan

Tanda Ciri Gejala Kanker yang Sering Diabaikan – Kanker menjadi satu penyakit yang kerap menjadi momok di kehidupan manusia dewasa ini. Penyakit yang tidak kenal usia dan profesi ini bisa menyerang siapa saja, dari anak-anak hingga dewasa. Sayangnya, sebagian besar penderita kanker tidak terselamatkan dan meninggal karena kurangnya pengetahuan tentang gejala dari kanker itu sendiri. Sebab memang terkadang gejala dari kanker sulit dimengerti atau justru kadang diabaikan begitu saja. Ketidaktahuan tentang gejala kanker ini adalah hal yang sangat fatal. Betapa tidak, kanker berkembang dengan sangat cepat, ketika penanganan tidak dilakukan sejak dini akibat pengetahuan yang minim, maka kanker pun baru akan dikenali saat stadiumnya sudah lanjut. Dan saat ini terjadi, biasanya penanganannya juga akan jauh lebih rumit dan akan membutuhkan banyak perhatian.

Maka dari itu, siapa pun orangnya, baik yang memiliki riwayat kanker maupun yang tidak, ada baiknya mengerti apa saja tanda dan gejala awal dari kanker. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kanker dan mengatasinya sejak dini bila dirasakan ada hal-hal yang berhubungan dengan kanker dan penyebarannya yang diderita oleh seseorang. Kami akan memberikan beberapa gambaran tentang gejala awal kanker yang sering tidak diketahui bahkan diabaikan dalam artikel ini sebagaimana dilansir dari womenshealthmag. Silakan Anda simak bersama.

Waspadai beberapa tanda ciri gejala kanker yang sering diabaikan atau dilupakan

Tanda Ciri Gejala Kanker yang Sering Diabaikan

Suara serak dan atau batuk persisten

Batuk tidak selalu menunjukkan kanker, dan kebanyakan batuk memang hanya penyakit biasa yang bisa sembuh dalam waktu dekat. Namun, Anda tidak bisa mengabaikan batuk yang persisten dan suara yang serak dalam jangka waktu lama. Bahkan, jika ini terjadi selama berbulan-bulan, bisa jadi tanda gejala kanker paru-paru sedang Anda rasakan. Tidak hanya menebak-nebak, Anda harus datang ke dokter terkait untuk mengetahui sejauh mana kondisi batuk yang Anda alami. Pemeriksaan CT Scan dan X-Ray mungkin akan sangat diperlukan untuk mencegah timbulnya kanker.

Sembelit atau susah buang air besar

Hampir semua orang pernah mengalami sembelit atau buang air besar. Maka dari itu, sembelit bukan berarti menjadi satu-satunya tanda ciri gejala kanker yang harus Anda waspadai. Namun demikian, jika hal ini terjadi dalam jangka waktu lama, Anda perlu khawatir dan memeriksakan diri ke dokter. Untuk menghindari adanya benda yang menghambat perjalanan feses dalam usus Anda.

Nyeri terus menerus dan tidak bisa dijelaskan

Rasa nyeri yang dirasakan seseorang dikategorikan wajar bila hanya terjadi sesekali saja, tidak terlalu sakit dan terus menerus. Sebab jika Anda merasakan nyeri yang terus menerus dan tidak bisa dijelaskan mengapa Anda bisa merasakan nyeri itu, serta tidak bisa hilang meskipun sudah mengonsumsi obat anti nyeri. Sebaiknya jangan diabaikan, datanglah ke dokter yang memahami masalah ini. Jika nyerinya ada di sekitar kepala dan otak, atau organ lain seperti paru-paru, perut, atau yang lain. Anda harus melakukan pemeriksaan lanjutan guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

Darah dalam urin atau masalah dalam kandung kemih

Jika saat kencing Anda melihat ada darah di dalam urin, maka Anda perlu waspada. Ini bisa jadi tanda infeksi dari kandung kemih dan Anda pun harus mewaspadai gejala lain yang bisa menandakan hal ini.

Perubahan penampilan seseorang

Penampilan seseorang merupakan salah satu tanda ciri gejala kanker yang mudah untuk dilihat dan diamati. Jika Anda merasa ada yang berubah pada kulit dan fisik Anda, maka berhati-hatilah, bisa jadi itu merupakan tanda dari kanker kulit.

Pendarahan yang tidak terduga

Kanker leher rahim yang baru-baru ini diangkat ke media karena ada salah satu publik figur yang menderita penyakit ini mengajarkan kepada kita, kalau kita sebagai perempuan tidak bisa memandang remeh pada segala jenis pendarahan yang terjadi pada kita.

Benjolan

Benjolan bisa jadi tanda tumor jinak namun bisa juga menjadi tanda ciri gejala kanker awal yang harus Anda waspadai.

Sakit tenggorokan dan sulit sembuh

Jika Anda mengalami sakit di bagian tenggorokan dan sudah minum obat namun sulit disembuhkan, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri. Ditakutkan, sakit tenggorokan yang semacam ini menjadi satu ciri awal kanker.

Turunnya berat badan secara drastis

Jika saat ini Anda sedang tidak dalam program diet sehat, maka Anda harus curiga jika berat badan Anda turun secara drastis. Lebih baik mengetahuinya sejak dini jika memang itu adalah tanda ciri gejala kanker atau indikasi masalah kesehatan lain yang juga serius.

Sulit menelan

Kesulitan seseorang untuk menelan makanan yang dikonsumsi bisa jadi satu tanda kanker yang sangat familiar dengan kita, yakni kanker leher hingga kanker kerongkongan. Biasanya tanda awal gejala kanker yang satu ini dilupakan serta diabaikan. Sebab memang kanker leher tidak sepopuler kanker lain seperti kanker leher rahim, kanker darah, dan yang lainnya.

Itulah beberapa jenis tanda ciri gejala kanker yang bisa kami sampaikan. Semoga kita semakin bisa waspada dan mengenali masalah kesehatan yang menimpa kita.

Salam – sehatfit.com


Tags: , , ,