Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Seorang ibu hamil membutuhkan perlakuan khsusus dalam kehidupan sehari-hari, termasuk saat istirahat. Ya, ibu hamil harus diperlakukan secara berbeda dengan orang pada umumnya, karena hal ini menyangkut dengan kesehatan ibu hamil itu sendiri dan janin yang ada dalam kandungannya. Jika ibu hamil bertindak sembarangan, maka hal itu akan sangat berisiko pada sang buah hati. Maka dari itu bagi anda para ibu hamil, disarankan untuk lebih berhati-hati dalam semua tindakan yang dilakukan sehari-hari, baik itu bergaul ataupun bekerja.

Sebaiknya, ibu hamil mengurangi waktu bekerja dan lebih banyak istirahat. Kali ini kami akan fokus pada hal yang lebih spesifik yaitu Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil. Meskupun terdengar sepele, namun posisi tidur sangat penting untuk diperhatikan, karena seorang ibu hamil meiliki keterbatasan ruang gerak yang diakibatkan perut buncit. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan singkat di bawah ini.

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

  • Posisi Tengkurap

Ibu hamil sebenarnya sangat aman untuk tidur dalam posisi tengkurap, dan tidak akan menimbulkan masalah yang berarti. Namun hal ini akan menjadi masalah jika kehamilan masuk pada tahap trimester pertama, karena pada tahap ini akan terjadi pembesaran yang cukup signifikan pada area payudara, sehingga lebih senitif dan menimbulkan ketidaknyamanan.

  • Posisi Terlentang

Posisi terlentang tidak akan bermasalah bagi ibu hamil, dengan catatan usia kandungan belum mencapai 16 minggu. Setelah melewati usia kandungan tersebut, dianjurkan untuk tidak tidur dengan posisi telentang, karena itu artinya berat rahim akan diletakkan pada bagian belakang, vena besar, dan usus. Posisi telentang juga bisa menimbulkan pusing pada ibu hamil, karena terjadinya penurunan darah.

Hal lain yang bisa disebabkan oleh tidur telentang adalah gangguan pencernaan, wasir, sakit pinggang, pernafasan dan sirkulasi. Jadi, bagi anda yang mengandung di atas usia 16 minggu, disarankan untuk menghindari gaya tidur seperti ini karena akan mengakibatkan beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Tidur telentang hanya dianjurkan bagi ibu hamil yang usia kandungannya masih di bawah 16 minggu.

  • Posisi Tidur Miring

Walaupun sebenarnya belum ada penelitian yang pasti tentang posisi tidur terbaik untuk ibu hamil, namun ibu hamil yang mengandung usia di atas 16 minggu disarankan untuk tidur dengan posisi miring. Tidur dengan posisi ini bisa memberi keuntungan pada janin yang ada dalam kandungan, karena akan mendapat aliran nutrisi dan darah yang cukup ke dalam plasenta. Posisi miring bisa anda lakukan ke kiri atau ke kanan, tergantung tingkat kenyamanan anda.

Baca juga penyebab anemia bagi ibu hamil.

Itulah Ulasan tentang Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil. Masih banyak orang yang menganggap sepela masalah ini dan tidak menaruh perhatian lebih. Pastikan bahwa diri anda tidak termasuk salah satu orang yang abai pada hal tersebut, karena anda punya tanggung jawab besar untuk menjaga janin dalam kandungan tetap dalam kondisi sehat. Terapkan langkah di atas step by step, supaya anda selalu merasa nyaman saat tidur sekaligus menjaga kondisi kandungan.

Jika ditelisik lebih jauh, cara hidup sehat di atas sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh ibu hamiil manapun. Yang jadi pertanyaan adalah, bersediakah anda membuat komitmen untuk menjalankan tips di atas? Jawabannya tentu ada pada diri anda sendiri. Sekian ulasan dari kami tentang Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil, terima kasih sudah menyimak.


Tags: , , , , ,