Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Pilihan Makanan Sehat Tepat untuk Penderita Hernia

Pilihan Makanan Sehat Tepat untuk Penderita Hernia – Hernia dalam bahasa umum sering disebut turun berok. Banyak ditemukan hernia diderita oleh lelaki, namun kaum perempuan pun bisa menderita penyakit ini. Yang perlu menjadi perhatian ketika seseorang menderita penyakit ini adalah pengobatan serta makanan yang dikonsumsinya. Jika pengobatan bisa ditempuh di rumah sakit atau ke dokter pribadi/langganan, pilihan menu makanan sehat yang tepat untuk penderitanya bisa dilakukan dan ditempuh di rumah. Semua anggota keluarga bisa bahu membahu untuk membantu pengobatan melalui makanan yang tepat bagi penderita hernia. Apa makanan yang cocok untuk hernia?

Ini dia beberapa pilihan makanan sehat tepat untuk penderita hernia

Pilihan Makanan Sehat Tepat untuk Penderita Hernia

Pertama, susu

Minuman yang bisa dikonsumsi oleh penderita hernia adalah susu. Susu memiliki khasiat yang baik untuk menenangkan rasa sakit di pagi hari karena hernia. Anda bisa mengonsumsi susu setiap pagi sekali saja.

Kedua, air putih

Selain susu, menu minuman lain yang bisa menjadi pilihan bagi penderita hernia adalah air putih. Ini menjadi minuman paling penting dan utama. Sehingga harus dikonsumsi dalam ukuran yang cukup.

Ketiga, teh hijau

Minuman yang tepat untuk penderita hernia selanjutnya adalah teh hijau. Konsumsilah teh hijau sebanyak dua cangkir dalam satu hari (diminum 2 kali).

Keempat, bahan gandum

Makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita turun berok adalah makanan dengan bahan gandum. Makanan yang satu ini juga dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi masalah hernia.

Kelima, sayuran hijau

Pilihan makanan selanjutnya yang bisa dikonsumsi saat menderita turun berok adalah sayuran hijau. Menu makanan seperti brokoli misalnya, sangat baik untuk dimasukkan dalam menu masakan harian dengan cara memasak yang tepat.

Keenam, buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga menjadi menu pilihan makanan sehat tepat untuk penderita hernia. Menu makanan ini sangat mudah didapatkan sehingga Anda dan keluarga tidak perlu takut untuk memilihnya. Sangat lezat dan mudah jika buah yang Anda beli dibentuk menjadi jus. Cara ini akan membuat konsumsi buah makin mudah, karena teksturnya sudah berbeda.

Makanan yang harus dihindari

Selain makanan yang harus dikonsumsi atau dianjurkan, Anda juga harus menghindari beberapa makanan yang bisa memperburuk keadaan jika dimakan. Beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi adalah;

  1. Minuman bersoda
  2. Alkohol
  3. Kopi atau minuman yang mengandung kafein
  4. Makanan yang mengandung alkohol
  5. Makanan pedas
  6. Makanan yang asam

Selain pilihan makanan sehat tepat untuk penderita hernia di atas, seorang penderita hernia juga harus menjalankan pola hidup. Salah satunya adalah menghindari rokok atau berhenti menjadi perokok aktif. Hal ini sebab merokok tidak dianjurkan bagi penderita hernia. Kemudian, akan sangat baik jika penderita hernia menuruti saran dokter yang merawatnya.

Sehatfit.com


Tags: , , , , , , , ,