Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Penyakit Maag Akut Kambuh dan Kronis

Penyebab Penyakit Maag Akut Kambuh dan Kronis – Penyakit maag menjadi salah satu penyakit yang harusnya diwaspadai. Selain karena ini penyakit yang umum diderita oleh penduduk Indonesia, maag juga bisa menjadikan pekerjaan seseorang menjadi terganggu. Penyebab dari penyakit ini pun bervariasi, mulai dari hal yang kecil seperti tidak berkenannya kita menjaga pola makan, atau terbiasanya kita menjalani pola makan yang tidak teratur. Tentu saja, ini adalah hal-hal kecil yang sebenarnya bisa dihindari, bukan? Oleh karena itu, kami akan mengulas lengkap penyebab maag dalam artikel ini. Silakan disimak.

Berikut penyebab penyakit maag kambuh kronis dan akut, harus diperhatikan

Penyebab Penyakit Maag Akut Kambuh dan Kronis

Pertama, gorengan

Makan makanan berminyak menjadi salah satu pemicu kambuhnya maag seseorang. Kebiasaan yang sama jika dilakukan oleh orang normal bisa membuat orang tersebut ikut kena maag. Jika penderita maag sering mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan ini, maka maagnya pun bisa menjadi lebih parah, hingga akut atau kronis.

Kedua, menjalani diet yang kurang tepat

Diet menjadi satu cara seseorang untuk menurunkan berat badan. Tujuan baik untuk menurunkan berat badan ini terkadang tidak diimbangi dengan cara yang sehat pula. Tidak heran jika banyak orang yang menderita penyakit maag setelah menjalani diet yang salah.

Ketiga, pola makan yang tidak teratur

Sebagai seorang yang sibuk, dengan tuntutan pekerjaan yang menumpuk. Terkadang seseorang lupa untuk makan saat jam makan datang. Atau merasa lapar namun karena sedang dalam kesibukan, akhirnya ditahan rasa laparnya hingga akhirnya rasa lapar tersebut hilang dan tidak terasa lagi. Hal-hal seperti ini harusnya dihindari karena bisa membentuk kita pada kebiasaan buruk bahkan bisa membuat kita kehilangan nikmat sehat karena menderita maag.

Keempat, obat-obatan tertentu

Penyebab penyakit maag kambuh ternyata tidak hanya soal makanan yang kita makan atau pola makan kita yang tidak teratur. Lebih dari itu, seseorang yang mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga bisa memicu kambuhnya penyakit maag seseorang. Tidak heran jika saat periksa ke dokter kita selalu ditanya akan alergi obat atau riwayat penyakit lain selain penyakit yang kita derita saat periksa ke dokter tersebut.

Kelima, kurang istirahat

Kurang istirahat ternyata juga menjadi salah satu pemicu penyakit maag. Faktor yang satu ini terjadi ketika seseorang sangat sibuk hingga tidak memiliki cukup waktu untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuhnya. Terlalu lelah juga bisa menjadi penyebab dari penyakit lain, bahkan menghilangkan fokus seseorang. Jadi, sangat baik jika dalam kesibukan Anda yang banyak itu, Anda menyempatkan setidaknya beberapa menit untuk memejamkan mata dan mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda.

Keenam, stres

Sering stres juga bisa menjadi pemicu kambuhnya penyakit maag seseorang. Beban pikiran yang cukup banyak baik itu karena pekerjaan maupun karena masalah lain menjadi satu hal yang harus diperhatikan, dicermati, dan ditenangkan. Jika perlu, saat Anda merasa pikiran Anda terlalu berat, berhentilah sejenak, tarik nafas panjang untuk menenangkan pikiran Anda dan mencegah penyebab penyakit maag akut satu ini menjangkiti Anda. Anda harus berlatih untuk mengelola pola pikir Anda jika Anda sudah tahu tentang penyakit maag yang Anda derita. Tidak ada salahnya mencoba kelas meditasi atau Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Ketujuh, merokok

Mereka yang menjadi perokok aktif rentan sekali terkena penyakit maag. Hal ini karena terkadang perokok aktif lebih memilih satu batang rokoknya ketimbang satu piring nasinya.

Bagaimana dengan Anda? Kami yakin Anda tidak ingin beberapa penyebab penyakit maag kronis dan akut di atas mengganggu Anda di rumah. Kami yakin Anda akan mencegah penyakit maag dari sekarang.

Sehatfit.com


Tags: , , , , , , , ,