Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Penyakit Kanker

Penyebab penyakit kanker –  Kanker adalah salah satu penyebab utama terjadinya kematian di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Selain itu, kanker juga merupakan jenis penyakit yang mematikan yang dapat menyerang siapa saja baik itu anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia. Jadi, kita semua harus waspada karena semua orang beresiko terkena penyakit kanker.

Beberapa Penyebab Penyakit Kanker

Penyebab penyakit kanker

Sebenarnya, banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker. Namun faktor paling umum seseorang terkena penyakit kanker adalah karena faktor lingkungan dan faktor genetika. Nah, berikut ini akan kita bahas secara detail penyebab-penyebab utama seseorang terkena kanker.

Faktor Genetika Atau Faktor Keturunan

Faktor genetika adalah faktor utama seseorang terkena kanker. Seorang ibu atau bapak yang mengidap penyakit kanker, maka akan mewariskan penyakit tersebut pada keturunannya. Selain itu, untuk mengobati kanker kanker karena faktor genetika juga merupakan hal yang sulit. Hal yang bisa dilakukan hanyalah mengendalikan faktor lingkungan, karena jika kondisi lingkungan yang buruk dapat dikendalikan maka kanker karena faktor genetika tidak dapat berkembang.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan adalah faktor terbesar yang memicu terjadinya penyakit kanker. Menurut penelitian, kanker yang disebabkan oleh faktor lingkungan mencapai 90%-95%, dan sisanya disebabkan oleh faktor keturunan. Jadi jika anda ingin menghindari penyakit kanker, cara terbaiknya adalah dengan mengendalikan faktor lingkungan. Nah, beberapa jenis faktor lingkungan yang menjadi sebab terjadinya penyakit kanker adalah sebagai berikut:

Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker. Gaya hidup yang tidak sehat salah satunya adalah kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung pewarna, dan pengawet, serta mengonsumsi minuman-minuman beralkohol. Selain itu, kebiasaan berganti-ganti pasangan saat berhubungan intim juga ikut berperan dalam memicu terjadinya penyakit kanker, seperti kanker servik misalnya.

Makanan

Saat ini ini, masyarakat sudah terbiasa mengonsumsi makanan-makanan siap saji dan makanan yang serba instan. Padahal makan-makanan tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang. Bahkan beberapa jenis makanan instant dapat menyebabkan penyakit-penyakit berat seperti penyakit jantung, kolesterol, kanker dan asam urat.

Virus dan Bakteri

Selain faktor-faktor di atas, virus juga merupakan salah satu penyebab seseorang terkena penyakit kanker. Beberapa jenis virus yang menyebabkan kanker adalah virus papiloma yang menjadi penyebab kanker serviks, virus polioma pada tumor otak dan virus hepatitis pada penyakit kanker hati.

Radikal Bebas

Siapa sangka jika radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker. Beberapa jenis radikal bebas yang menjadi sebab terjadinya penyakit kanker yaitu asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan sinar ultraviolet A dan B. Jenis radikal bebas tersebut, selain dapat menyebabkan kanker juga dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Selanjutnya Gejala Kanker Yang Sering Dilupakan dan Cara Mengobati Kanker dan Anjuran Makanannya.

Nah itulah ulasan kita mengenai penyebab penyakit kanker. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Tags: , , , , , , , , ,