Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Penyakit Campak dan Cara Mengobatinya

Campak adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Campak atau yang secara medis disebut dengan rubeola bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak ditangani secara tepat. Kenapa? Campak bisa mengarah pada komplikasi yang lebih serius nantinya. Gejala awal penyakit campak akan muncul setelah satu atau dua minggu virus memasuki tubuh. Biasanya akan diawali dengan mata merah dan sensitif terhadap cahaya. Kemudian penderita akan merasakan pilek seperti radang tenggorokan dan hidung tersumbat. Penderita akan mengalami demam tinggi dan mendapati bercak putih keabu – abuan pada mulut dan tenggorokan. Dan bercak atau ruam berwarna merah kecokelatan akan muncul di kulit penderita beberapa hari kemudian. Jika anda atau keluarga anda mengalami gejala – gejala seperti itu, sebaiknya segera menghubungi rumah sakit atau klinik terdekat, karena penanganan yang terlambat dapat berbahaya bagi keselamatan penderita.

Campak adalah penyakit yang jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan kebutaan atau bahkan kematian pada pasiennya. Oleh karena itu, jika anda mempunyai balita, segera berikan vaksinasi campak agar anak anda tidak tertular penyakit yang sering menyerang anak kecil tersebut. Biasanya orang yang sudah pernah mengalami campak akan mempunyai sistem imunitas selama hidupnya. Namun bagi anda yang alergi terhadap bahan – bahan kimia yang terdapat di dalam obat, anda bisa mengobati penyakit campak dengan obat – obat tradisional yang tidak memiliki efek samping. Berikut ini adalah beberapa ramuan obat tradisional yang dapat anda gunakan sebagai cara untuk mengatasi penyakit campak, sehatfit.com.

PENYEBAB PENYAKIT CAMPAK DAN CARA MENGOBATINYA SECARA TRADISIONAL

Penyebab Penyakit Campak dan Cara Mengobatinya

Obat Campak Ramuan Tradisional Pertama

Bahan – bahan yang digunakan untuk ramuan tradisional pertama adalah 100 gram pegagan segar dan 10 kuntum bunga mawar segar. Pertama, cuci bersih semua bahan dengan air bersih. Kemudian direbus dengan 800cc air hingga air didihan mencapai 450cc. Setelah itu, saring dan minum ramuan sebanyak 150cc selama 3 kali sehari.

Obat Campak Ramuan Tradisional Kedua

Untuk membuat ramuan makanan sehat untuk campak ini, anda membutuhkan 20 gr kunyit, 10 gr sambiloto segar, 30 gr akar alang – alang segar, 15 gr temu girng dan 2 sendok teh madu. Cara membuat ramuan tradisional ini adalah, dikupas terlebih dahulu kunyit kemudian dicuil bersama dengan bahan – bahan yang lain. Rebus semua bahan dengan 60cc air, dibiarkan mendidih hingga mencapai setengahnya. Kemudian bahan yang tadi direbus disaring dan ditambahkan madu. Diaduk semua bahan hingga tercampur merata. Ramuan ini dapat anda minum sebanyak 150cc selama 2 kali sehari.

Obat Campak Ramuan Ketiga

Obat campak ramuan yang ketiga menggunakan bahan yang cukup mudah didapat. Bahan – bahan tersebut adalah buah kelapa hijau yang masih segar dan telur bebek. Cara pembuatannya adalah dibuka bagian butut kelapa hijau dengan menggunakan golok. Setelah itu kelapa dimasak menggunakan kayu tungku atau tanah liat, namun perlu diingat bahwa memasak kelapa tidak boleh dituangkan ke wadah apapun, tetap kelapanya yang dimasak di atas api. Jika sudah matang, masukkan kuning telur ke dalam kelapa hijau tadi lalu diaduk hingga merata. Air kelapa inilah yang akan diminum menjadi obat tradisional campak. Diminum sebanyak 3 kali sehari, selam 3 hari hasilnya akan mulai tampak.

Berikut tadi adalah berbagai obat tradisional campak yang bisa anda buat di rumah. Karena penyakit ini menjadi hal yang sangat biasa menyerang anak – anak dan bayi, biasanya pemerintah telah menyediakan vaksin pada anak – anak untuk terhindar dari virus penyebab campak tersebut. Oleh karena itu, anda sebagai orang tua sebaiknya tidak melewatkan pemberian vaksin tersebut di puskesmas terdekat untuk mencegah datangnya virus campak tersebut.


Tags: , , , , , , , ,