Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Penyakit Anemia Umum dan Sesuai Jenisnya

Penyebab Penyakit Anemia Umum dan Sesuai Jenisnya – Anemia menjadi salah satu kondisi yang bisa dialami oleh setiap orang. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup sel darah merah atau tubuh yang menghancurkan sel darah merah atau pendarahan yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah. Secara umum, 3 kondisi inilah yang dapat membuat seseorang menderita anemia. Namun demikian, jika dilihat dari jenis anemianya, ada beberapa kondisi yang mungkin dan lebih khusus. Silakan simak untuk mengetahuinya.

Ini dia penyebab penyakit anemia secara umum dan khusus sesuai jenisnya

Penyebab Penyakit Anemia Umum dan Sesuai Jenisnya

Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi menjadi penyebab yang paling sering dari penyakit anemia. Hal ini karena tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat menghasilkan hemoglobin yang cukup dalam kaitannya dengan pembentukan sel darah merah.

Kekurangan vitamin

Jika tubuh kekurangan beberapa jenis vitamin seperti folat dan vitamin B12. Kondisi anemia ini mungkin sekali dialami oleh seseorang. Hal ini karena dua jenis vitamin tersebut berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat sehingga dalam beberapa kasus ditemukan bahwa orang yang menjalani diet dengan kadar vitamin B12 dan folat kurang akan mengalami penurunan produksi sel darah merah.

Penyakit tertentu

Penyebab penyakit anemia juga dikaitkan dengan gangguan kesehatan yang serius, misalnya penyakit kanker, HIV AIDS dan rheumatoid arthritis. Penyakit anemia yang diakibatkan oleh penyakit kronis ini bisa mengakibatkan seseorang mengalami gejala anemia kronis.

Infeksi dan pemakaian obat-obatan

Adanya infeksi dan pemakaian obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab anemia. Bahkan, anemia yang diderita akibat infeksi dan pemakaian obat-obatan tertentu ini sangat langka dan dapat mengancam jiwa seseorang, yakni anemia aplastik.

Kehilangan darah

Penyakit anemia ini juga berhubungan erat dengan kehilangan darah. Beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan seseorang kehilangan darah adalah saat mengalami menstruasi pada perempuan, penyakit maag, kanker, polip, dan yang lainnya.

Leukemia

Salah satu jenis kanker yang bisa menyebabkan anemia adalah kanker darah atau yang sering disebut leukemia. Hal ini karena penyakit ini bisa mengurangi jumlah produksi darah dalam sumsum tulang. Biasanya, efek yang ditimbulkan akan sangat bervariasi dan berbeda-beda. Namun, yang perlu diwaspadai adalah bagaimana Anda bisa terhindar dari penyakit anemia dan mengatasinya langsung dari penyebab dan sumber sakitnya.

Selain penyakit di atas, beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab penyakit anemia adalah limfoma, bentuk sel darah merah yang tidak normal seperti sel sabit, dan yang lainnya. Sekian tips kesehatan kali ini.


Tags: , , , , , , , ,