Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Kanker Otak dan Faktor Risikonya

Penyebab Kanker Otak dan Faktor Risikonya – Mengetahui penyebab penyakit kanker otak bisa membuat kita lebih bisa waspada dan mengerti bagaimana cara mencegah penyakit ini. Dengan mengetahui faktor risikonya, Anda juga bisa melakukan tindakan pencegahan agar aman dan lebih sehat. Simak ulasannya berikut ini.

Ini dia penyebab kanker otak dan faktor risikonya untuk Anda ketahui

Penyebab Kanker Otak dan Faktor Risikonya

Primer Vs Sekunder

Penyebab penyakit kanker otak hingga kini memang belum diketahui dengan pasti. Namun yang perlu menjadi catatan adalah ada dua jenis besar dari kanker otak, yakni kanker otak primer dan sekunder. Seperti namanya, untuk kanker otak primer, penyakit ini dikatakan primer karena berasal dari jaringan otak itu sendiri. Misalnya berasal dari sel-sel otak, astrosit, atau sel otak lainnya. Sementara itu, kanker otak sekunder merupakan bawaan atau penyebaran dari sel kanker yang lebih dulu menyerang organ lain.

Faktor risiko

Meski belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun perlu Anda ketahui bahwa penyebab kanker otak dan faktor risikonya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Ilmuwan sejauh ini hanya bisa menyimpulkan tentang faktor risiko seseorang dapat terkena penyakit berbahaya ini. Maksudnya, berdasarkan data yang dikumpulkan, seseorang bisa mengembangkan risiko terkena kanker otak lebih besar ketimbang orang lainnya. Dan mereka yang memiliki faktor risiko cukup tinggi untuk menderita penyakit berbahaya ini adalah;

  1. Memiliki pekerjaan di kilang minyak
  2. Pekerja karet industri
  3. Ahli kimia
  4. Risiko yang berhubungan dengan gen
  5. Merokok (dicurigai)
  6. Terinfeksi oleh virus HIV AIDS (dicurigai)
  7. Terkena paparan radiasi, dll.

Faktor risiko yang besar memang bisa membuat seseorang terkena penyakit tersebut. Namun, hal ini tidak serta merta menjadi penyebab dari penyakit kanker otak. Karena sekali lagi, kanker otak merupakan penyakit yang belum diketahui sebabnya apa.

Jika Anda sering mendengar bahwa pemanis bisa menyebabkan kanker otak, maka anggapan ini juga bisa jadi salah bisa jadi benar. Yang perlu menjadi catatan, menurut penelitian, pemanis tidak terbukti bisa menyebabkan kanker otak. Hanya saja, agar lebih bijak, sebaiknya mencegah itu lebih baik dari pada mengobati, bukan?

Tidak menular

Yang perlu Anda ketahui juga, saat ada tetangga, saudara, kerabat, dan atau orang di lingkungan Anda terkena kanker otak, Anda tidak perlu panik dan takut. Sebab penyakit ini tidak dapat menular. Anda aman memberikan perhatian kepada mereka dan memberikan dukungan moril pada mereka agar bisa menghadapi cobaan dan merasakan gejala kanker otak yang sangat menyiksa itu.

Selanjutnya : Cara Mengobati Kanker Otak dan Anjuran Makanannya.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab kanker otak dan faktor risikonya. Untuk lebih jelas, Anda bisa datang ke dokter terdekat dan Anda percayai jika ada kecurigaan atas masalah kesehatan yang Anda alami.

Salam Sehat – sehatfit.com


Tags: , , , , , ,