Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Demam Tifoid/Tipes dan Gejala Penyakitnya

Demam tifoid atau yang lebih sering dikenal dengan tipes, merupakan penyakit yang dapat dialami oleh semua orang dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia. Tipes merupakan penyakit yang berbahaya jika anda salah dalam penanganannya. Maka dari itu, anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebab demam tifoid dan gejala penyakitnya.

Penyebab Demam Tipes/Tifoid Dan Gejala-Gejala Penyakitnya

Mengetahui Penyebab Demam Tifoid dan Gejala Penyakitnya

Bakteri

Demam tifoid disebabkan oleh sejenis bakteri Salmonella enterica khususnya bakteri Salmonella Thyposa. Bakteri ini biasanya masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang sudah tercemar oleh bakteri salmonella. Bakteri ini mengalir di dalam darah dan pada usus kemudian dikeluarkan melalui kotoran.

Selain makanan, bakteri ini juga dapat ditularkan melalui minuman atau air yang anda gunakan untuk mandi, makan, minum, ataupun untuk mencuci perabotan rumah seperti piring, gelas, wajan dan lain-lain. Selain itu bakteri tersebut juga dapat menempel pada buah atau sayuran yang anda cuci menggunakan air yang sudah tercemar bakteri salmonella.

Demam, Sebagai Gejala Awal Penyakit Demam Tifoid

Demam tinggi merupakan gejala awal yang biasanya terjadi pada penderita demam tifoid. Demam biasanya bisa mencapai suhu 39 – 41 derajat celcius. Gejala demam pada penderita demam tifoid biasanya meningkat secara perlahan. Hal ini sangat berbeda dengan demam pada penyakit demam berdarah yang siklusnya naik turun.

Treatment yang baik adalah dengan memberikan air putih yang banyak untuk penderita demam tifoid. Air putih dapat berfungsi sebagai penurun demam apa bila dikonsumsi oleh penderita demam.

Biasanya jika sudah lebih dari satu minggu, demam akan disertai menggigil, sakit kepala yang hebat pada malam hari khususnya pada bagian belakang kepala, nyeri pada dada dan dan rasa lemas. Sebaiknya jika demam sudah lebih dari satu minggu bawa penderita ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk menangkal serangan bakteri.

Baca Selanjutnya : Sakit Perut Dan Konstipasi, dan Denyut Nadi Yang Melemah.


Tags: , , , , , ,