Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Oksiuriasis

Penyebab dan gejala penyakit oksiuriasis – Penyakit Oksiuriasis (Oxyuris vermicularis) merupakan penyakit yang disebabkan oleh cacing E. Vermicularis yang menginfeksi usus pada manusia. Selain itu, Oksiuriasis juga merupakan salah satu infeksi cacing terbesar dan terluas yang menyerang manusia dibandingkan dengan jenis cacing lainnya.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Oksiuriasis Yang Perlu Anda Tahu

Penyebab dan gejala penyakit oksiuriasis

Penyakit Oksiuriasis umumnya menyerang masyarakat golongan ekonomi rendah, namun tak jarang juga menyerang masyarakat golongan ekonomi tinggi. Oksiuriasis adalah salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak-anak, oleh orang awam penyakit Oksiuriasis disebut juga dengan penyakit Kremian.

Selain itu, penyakit Oksiuriasis merupakan penyakit yang paling mudah menular. Salah satu cara penularannya adalah melalui telur yang menempel pada pakaian, seprei maupun alat-alat rumah tangga. Umumnya penyakit Oksiuriasis menyerang anak-anak berumur 5-14 tahun. Hal ini karena anak-anak pada usia 5-14 tahun umumnya kurang menjaga kebersihan.

Penyebab Penyakit Oksiuriasis

Seperti yang telah kita ketahui, penyebab penyakit Oksiuriasis adalah cacing E. Vermicularis. Adapun cara penularannya melalui dua tahapan.

  • Tahap pertama, telur cacing pindah pada daerah sekitar anus yang biasanya terbawa oleh pakaian, seprei maupun alat rumah tangga.
  • Tahap kedua, telur cacing ikut terbawa dalam jari-jari tangan dan menempel pada makanan, sehingga telur cacing tersebut ikut termakan.

Setelah telur cacing masuk ke dalam tubuh, larva cacing akan menetas pada usus kecil dan akan tumbuh dewasa pada usus besar. Cacing dewasa betina akan bergerak menuju daerah sekitar anus untuk menyimpan telur pada lipatan-lipatan kulit anus. Biasanya untuk menyimpan telurnya, digunakan suatu jenis bahan yang lengket agar telur bisa menempel. Nah, bahan lengket dan gerakan cacing betina inilah yang menjadi penyebab gatal-gatal pada bagian anus.

Gejala Penyakit Oksiuriasis

Ada beberapa gejala penyakit yang sering timbul pada penderita penyakit Oksiuriasis. Beberapa gejala tersebut dapat kita lihat dalam uraian berikut ini.

  1. Rasa gatal yang hebat yang paling sering terjadi pada malam hari
  2. Tidur menjadi terganggu
  3. Nafsu makan berkurang dan berat badan turun secara bertahap
  4. Jika penderitanya adalah perempuan maka akan terjadi iritasi pada vagina. Hal ini disebabkan cacing dewasa masuk ke dalam vagina.
  5. Rasa gatal yang tak tertahankan membuat kulit anus menjadi kasar, lecet bahkan terjadi infeksi karena sering di garuk.

Untuk mengobati penderita penyakit Oksiuriasis, bisa dengan memberikan obat anti parasit dengan dosis yang tepat. Sedangkan untuk mengurangi rasa gatal, bisa dengan mengoleskan krim atau salep pada bagian yang gatal. Selengkapnya silakan baca Cara Mengobati Oksiuriasis dan Anjuran Makanannya.

Nah, itulah ulasan kita mengenai Penyebab dan gejala penyakit oksiuriasis. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Jagalah selalu kebersihan anda di manapun, dan pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah makan.


Tags: , , , ,