Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab dan gejala penyakit kencing batu

Penyebab dan gejala penyakit kencing batu – Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat rentan terserang berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit batu ginjal. Penyakit ini bisa menyerang siapa pun baik itu pria maupun wanita.

Beberapa penyebab dan gejala penyakit kencing batu yang harus diwaspadai

Penyebab dan gejala penyakit kencing batu

Penyakit kencing batu sering kali menyerang orang yang kurang beraktivitas seperti karyawan-karyawan kantor dan profesi-profesi lainnya yang hanya duduk. Tidak hanya itu, penyakit kencing batu juga sering kali terjadi pada seseorang yang kurang mengonsumsi air putih. Maka dari itu, mengonsumsi air putih dengan jumlah yang banyak sangat dianjurkan agar metabolisme tubuh bisa berjalan dengan lancar dan juga terhindar dari penyakit kencing batu.

Penyebab penyakit kencing batu

Penyakit kencing batu atau disebut juga dengan istilah batu ginjal merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada saluran kandung kemih. Batu ginjal sendiri terjadi karena tidak seimbangnya air, garam, mineral serta zat-zat lainnya yang ditemukan dalam air seni.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya pembentukan batu ginjal. Hal-hal tersebut antara lain:

  1. Tubuh kekurangan vitamin A dan kelebihan Vitamin B
  2. Di dalam urin terdapat kandungan kalsium, sistin, oksalat, asam urat dan natrium dalam jumlah yang besar.
  3. Saluran kemih mengalami infeksi
  4. Memiliki riwayat penyakit darah tinggi
  5. Pola hidup sehat yang buruk
  6. Obesitas
  7. Memiliki penyakit kolesterol
  8. Kekurangan cairan

Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pembentukan batu ginjal. Namun, dari daftar di atas, kekurangan cairan tubuh atas kurangnya konsumsi air putih merupakan penyebab paling umum terjadinya pembentukan batu ginjal dalam tubuh.

Selanjutnya, untuk melanjutkan pembahasan tentang penyebab dan gejala penyakit kencing batu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai ciri dan tanda terjadinya penyakit kencing batu.

Gejala penyakit kencing batu

Seseorang yang mengalami gangguan kesehatan khususnya kencing batu biasanya akan menunjukkan beberapa gejala. Nah, berikut ini merupakan gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit kencing batu:

  1. Mengalami kesulitan saat buang air kecil
  2. Air seni berwarna keruh dan berdarah apabila keadaan sudah semakin parah
  3. Batu yang berada dalam kantung kemih sering kali menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah
  4. Rasa nyeri yang hebat, biasanya terjadi pada daerah punggung yaitu antara tulang rusuk dan tulang pinggang, dan menjalar ke bagian perut dan daerah kemaluan
  5. Mual
  6. Muntah-muntah
  7. Demam
  8. Terjadi penyumbatan pada aliran kemih dan mengakibatkan terjadinya infeksi akibat bakteri yang terperangkap di dalam saluran kemih.

Nah, itulah ulasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit kencing batu. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang penyebab kencing batu serta gejala atau ciri-ciri yang ditimbulkannya. Dengan mengetahui ini, semoga kita bisa mencegah penyakit tersebut dan mau menerapkan pola hidup sehat.


Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,