Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Tulang

Penyebab dan gejala penyakit kanker tulangPenyakit kanker tulang merupakan jenis kanker yang menyerang tulang dan terjadi pada semua usia baik itu anak-anak maupun dewasa. Penyakit kanker tulang terbagi menjadi dua jenis yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Jenis kanker tulang primer adalah jenis kanker tulang yang berkembang pada bagian dalam tulang, sedangkan kanker tulang sekunder adalah jenis kanker tulang yang awalnya berasal dari bagian tubuh lainnya dan menjalar ke bagian tulang.

Beberapa penyebab dan gejala penyakit kanker tulang, penting!

Penyebab dan gejala penyakit kanker tulang

Pada umumnya seluruh tulang yang berada dalam tubuh dapat terserang oleh penyakit kanker tulang, namun tulang kaki dan tulang lengan paling sering terserang kanker tulang.

Penyebab penyakit kanker tulang – faktor risiko

Perubahan struktur atau mutasi DNA yang bertugas mengendalikan pertumbuhan sel diduga sebagai penyebab kanker tulang. Namun, hal ini belum dipastikan kebenarannya. Disinyalir, pertumbuhan atau mutasi DNA tersebut yang menyebabkan perkembangan sel menjadi tidak terkendali.

Nah, berikut ini merupakan beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan seseorang berisiko terkena penyakit kanker tulang.

  1. Akibat paparan radiasi tinggi yang biasa terjadi pada seseorang yang pernah menjalani pengobatan kemoterapi dan radioterapi.
  2. Memiliki riwayat penyakit kanker mata (retinoblastoma) pada waktu masih kecil.
  3. Pertumbuhan tulang yang terlalu cepat, khususnya pada masa puber.
  4. Menderita penyakit paget, yaitu jenis penyakit yang mengakibatkan tulang menjadi lemah.
  5. Menderita penyakit hernia umbilitikus bawaan lahir.

 

Gejala penyakit kanker tulang

Adapun beberapa ciri dan tanda yang sering muncul pada penderita kanker tulang dalam pembahasan penyebab dan gejala penyakit kanker tulang adalah sebagai berikut:

  1. Tulang terasa nyeri: seseorang yang terserang penyakit kanker tulang biasanya akan mengalami rasa sakit pada bagian tulang yang terserang oleh kanker. Rasa nyeri tersebut akan meningkat secara perlahan dan akan semakin memburuk. Rasa sakit tersebut juga akan lebih terasa pada saat malam hari, atau ketika tulang yang terserang kanker tersebut digerakkan.
  2. Terjadi pembengkakan: umumnya daerah sekitar tulang yang terserang kanker akan mengalami pembengkakan dan akan berwarna kemerah-merahan. Bahkan, apabila kanker tersebut berada di sekitar daerah sendi, maka sendi tersebut akan sangat sulit untuk digerakkan.
  3. Tulang menjadi lemah: kanker tulang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lemah. Apabila kanker tersebut sudah memasuki stadium lanjut, cedera kecil atau jatuh biasa saja akan membuat tulang menjadi patah.
  4. Tubuh terasa lelah: selain membuat tulang menjadi lemah, kanker tulang juga menurunkan daya tahan tubuh. Hal tersebut menjadikan tubuh gampang lelah.
  5. Penurunan berat badan
  6. Demam
  7. Sering berkeringat, khususnya pada malam hari

 

Nah, itulah ulasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit kanker tulang. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat buat kita semua.


Tags: , , , , , , , , ,