Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab dan gejala penyakit kanker payudara

Penyebab dan gejala penyakit kanker payudara – Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit kanker yang sering terjadi pada wanita. Payudara wanita terdiri dari kelenjar susu dan saluran susu yang dikelilingi oleh jaringan lemak. Nah, biasanya kanker payudara ini disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel pada jaringan yang tidak terkendali.

Beberapa penyebab dan gejala penyakit kanker payudara

Penyebab dan gejala penyakit kanker payudara

Penyakit kanker payudara jarang sekali terjadi pada pria. Menurut data yang diperoleh, kurang dari 1 persen kasus penyakit kanker payudara menyerang pria. Justru, kanker payudara merupakan penyakit yang banyak mengakibatkan kematian pada wanita.

Beberapa penyebab penyakit kanker payudara

Sama seperti jenis penyakit kanker lainnya, kanker payudara terjadi akibat sel-sel yang berada pada organ payudara wanita tumbuh secara tidak terkontrol dan sel-sel tersebut membelah dengan sangat cepat.

Para ahli belum menemukan alasan yang pasti mengapa seseorang bisa terkena penyakit kanker payudara. Namun, ada beberapa faktor yang memicu terjadinya penyakit kanker payudara pada seseorang. Apa saja faktor-faktor tersebut, berikut ulasannya :

  1. Faktor usia: Semakin tua usia seorang wanita, maka semakin tinggi risiko serangan kanker payudara. Menurut survei, lebih dari 80 persen, kanker payudara terjadi pada wanita yang berusia 50 tahun ke atas atau setelah masa menopause.
  2. Faktor Genetika: Tidak semua jenis penyakit kanker bisa diwariskan. Namun, wanita yang memiliki gen BRCA1 dan BRCA2 memiliki risiko yang lebih tinggi terkena serangan penyakit kanker payudara maupun penyakit kanker ovarium, selain itu, gen ini bisa diwariskan.
  3. Jaringan payudara yang padat: Wanita yang memiliki jaringan payudara yang padat umumnya memiliki risiko yang lebih tinggi terserang penyakit kanker payudara.
  4. Obesitas: Selain memiliki risiko terserang penyakit diabetes, wanita yang mengalami obesitas juga rentan terserang penyakit kanker payudara.
  5. Kebiasaan merokok: Seorang wanita yang memiliki kebiasaan merokok, pada saat ia berumur 50 tahun akan lebih rentan terkena serangan penyakit kanker payudara.
  6. Konstrasepsi oral: Kontrasepsi orang jika digunakan dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan serangan kanker payudara.
  7. Implan: Penggunaan implan sangat berbahaya dan dapat merusak sel-sel pada jaringan payudara. Selain itu, penggunaan implan juga dapat memicu terjadinya kanker payudara pada seorang wanita.

Gejala kanker payudara

Pengetahuan akan penyebab dan gejala penyakit kanker payudara sangat penting buat para wanita. Berikut ini adalah beberapa gejala atau ciri atau tanda-tanda yang ditimbulkan apabila seseorang terkena penyakit kanker payudara;

  1. Terdapat benjolan pada payudara
  2. Sering merasa sakit pada ketiak atau pada bagian payudara
  3. Muncul ruam di area puting
  4. Salah satu ketiak mengalami pembengkakan
  5. Ukuran dan bentuk payudara mengalami perubahan
  6. Jaringan pada payudara menebal

Baca juga cara deteksi dini kanker payudara.

Nah, itulah ulasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit kanker payudara. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan bisa membuat kita lebih mawas.


Tags: , , , , , , , , ,