Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab dan gejala penyakit kanker paru-paru

Penyebab dan gejala penyakit kanker paru-paru – Paru-paru adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen pada darah dan mengeluarkan gas karbondioksida. Di Indonesia sendiri kasus penyakit kanker paru-paru cukup banyak terjadi.

Beberapa penyebab dan gejala penyakit kanker paru-paru

Penyebab dan gejala penyakit kanker paru

Meskipun kanker paru-paru merupakan penyakit yang cukup berbahaya, namun pada dasarnya penyakit ini dapat dicegah, karena pada umumnya penyakit kanker paru-paru terjadi karena kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Pada tahap awal, penyakit ini tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda kemunculannya. Namun pada tahap berikutnya, penderita akan mengalami batuk parah dengan disertai darah, sering merasa kelelahan, dan mengalami penurunan berat badan.

Penyebab kanker paru-paru

Merokok

Kebiasaan merokok menjadi penyebab utama seseorang terkena penyakit kanker paru-paru. Lebih dari 80 persen orang yang menderita penyakit kanker paru-paru disebabkan oleh rokok. Maka, para perokok aktif merupakan kelompok orang yang paling berisiko terserang penyakit kanker paru-paru. Setiap asap rokok yang dihisap terkandung lebih dari 50 zat-zat berbahaya yang dapat memicu kanker seperti nikotin yang dipakai untuk campuran pembuatan insektisida, dan tar yang digunakan dalam campuran pembuatan aspal jalanan.

Pada awalnya, kerusakan-kerusakan pada organ paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok dapat diperbaiki oleh tubuh. Namun kerusakan yang dilakukan secara berulang-ulang menyebabkan kerusakan tersebut terus bertambah. Maka, kerusakan tersebut mengakibatkan sel-sel tubuh bereaksi tidak normal dan pada akhirnya muncul sel-sel kanker dalam paru-paru.

Polusi Udara

Menurut data yang dikumpulkan oleh WHO, Asia Tenggara merupakan daerah terbesar nomor 2 yang paling banyak menyumbangkan polusi udara di dunia. Polusi udara tersebut berasal dari asap-asap kendaraan dan polusi dari asap-asap pabrik. Berdasarkan dari data yang diperoleh, satu dari 100 kematian yang diakibatkan oleh kanker paru-paru diakibatkan oleh tingginya polusi udara yang tinggi. Asap kendaraan dan asap pembuangan dari pabrik-pabrik yang tidak sengaja terhirup memiliki dampak yang sama dengan perokok pasif.

Gejala penyakit kanker paru-paru

Mari kita lanjutkan pembahasan tentang penyebab dan gejala penyakit kanker paru-paru dengan mengulas tentang gejala dan ciri-cirinya. Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker paru-paru pada tahap awal tidak menunjukkan gejala-gejala atau ciri-ciri yang jelas. Namun pada tahap berikutnya mulai muncul gejala-gejala pada penderitanya. Beberapa gejala tersebut antara lain :

  1. Batuk berdarah
  2. Berat badan menurun
  3. Sesak nafas
  4. Sering merasa kelelahan
  5. Nafsu makan menurun

Baca juga penyebab dan gejala penyakit emfisema dan Cara mengobati kanker paru-paru dan anjuran makanannya.

Nah, itulah ulasan sehatfit mengenai penyebab dan gejala penyakit kanker paru-paru. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Sebagai tips tambahan, hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu terjadinya penyakit ini seperti kebiasaan merokok, karena selain membahayakan diri sendiri, merokok juga dapat membahayakan nyawa orang-orang yang Anda cintai yang berada di sekeliling Anda.


Tags: , , , , , , , , , ,