Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Kanker Leher Rahim

Penyebab dan gejala penyakit kanker leher – Kanker leher rahim atau disebut juga penyakit kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang 99,7% diakibatkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik yang biasa menyerang leher rahim.

Masyarakat di Indonesia, cenderung kurang menanggapi gejala awal yang timbul akibat kanker leher rahim, sehingga ketika kanker leher rahim sudah memasuki stadium lanjut, baru dilakukan pengobatan. Memang hal tersebut diakibatkan juga karena tidak adanya gejala apapun pada saat stadium awal.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Kanker Leher Rahim

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Kanker Leher Rahim

Di negara-negara berkembang seperti di Indonesia sering dilakukan sebuah program pengamatan pada kanker leher rahim. Dengan program tersebut, terbukti dapat mengurangi insiden kanker leher rahim sebesar 50% bahkan lebih.

Dari program pengamatan tersebut juga didapatkan sebuah fakta bahwa infeksi human papillomavirus virus (HPV) bertanggung jawab atas semua insiden kanker leher rahim.

Penyebab Kanker Leher Rahim

Secara umum, penyebab kanker leher rahim adalah mutasi sel yang normal menjadi sel yang tidak normal. Sel normal akan melipatgandakan diri dengan normal dan teratur. Namun sel yang tidak normal akan melipatgandakan diri secara tidak terkontrol dan berakumulasi menjadi sel tumor. Sel tumor tersebut akan membesar seiring berjalan nya waktu dan akan menyerang jaringan tubuh yang berada di sekitarnya.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang menjadi faktor pemicu terjadinya kanker leher rahim. Beberapa faktor tersebut di antaranya adalah;

  • Berganti-ganti pasangan saat berhubungan seksual
  • Melakukan hubungan seksual sejak usia dini
  • Sistem imun tubuh melemah
  • Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

Gejala Kanker Leher Rahim

Kanker leher rahim pada stadium awal umumnya tidak menunjukkan gejala apapun, hal ini mengakibatkan penderita kanker leher rahim menjadi terlambat mengatasi penyakit ini sejak dini. Maka menjadi hal yang penting bagi seorang wanita dewasa bahkan remaja untuk memeriksakan diri ke dokter.

Adapun gejala-gejala yang timbul akibat kanker leher rahim pada stadium lanjut yaitu :

  • Terjadi pendarahan pada saat berhubungan intim ketika tidak dalam periode haid.
  • Keluar darah yang kental disertai bau pada vagina
  • Sakit pada pinggul atau nyeri pada saat berhubungan

Selain dari gejala di atas, ada gejala lain yang ditimbulkan oleh kanker leher rahim yaitu pendarahan berlebih pada saat haid. Bagi seseorang yang menderita kanker leher rahim, darah akan keluar secara tidak normal pada saat haid, hal ini juga akan mengakibatkan jenis penyakit baru seperti anemia.

Selanjutnya Cara Mengobati Kanker Leher Rahim Dan Anjuran Makanannya.

Nah, itulah ulasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit kanker leher rahim. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sebagai catatan, hindari lah melakukan hubungan seks bebas, karena hal hal tersebut bisa mengundang berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit HIV dan penyakit kelamin lainnya.


Tags: , , , , , ,