Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Kanker Kulit

Penyebab dan gejala penyakit kanker kulitKanker kulit merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang berupa sel kanker yang tumbuh pada lapisan luar kulit. Karena kanker ini terjadi pada lapisan kulit luar, gejala dari penyakit ini pun bisa diketahui sejak stadium awal.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Kanker Kulit

Penyebab dan gejala penyakit kanker kulit

Saat ini, penyakit kanker kulit merupakan jenis penyakit kulit yang cenderung mengalami peningkatan khususnya di negara-negara maju seperti Amerika, Inggris dan Australia. Namun di Indonesia sendiri, jenis penyakit ini jarang ditemukan.

Penyebab Kanker Kulit

Belum diketahui secara pasti apa penyebab utama penyakit kanker kulit. Namun, ada hal-hal yang menjadi faktor pemicu terjadinya kanker kulit. Hal-hal yang memicu terjadinya kanker kulit yaitu:

  • Paparan sinar matahari langsung yang terjadi secara berlebihan pada kulit, khususnya bagi yang memiliki kelainan kulit seperti kulit albino.
  • Bahan-bahan kimia yang memiliki sifat karsinogen pada kulit
  • Kulit kekurangan pigmen
  • Efek radiasi tinggi

Gejala Kanker Kulit

Gejala-gejala terjadinya kanker kulit sangat mudah diketahui, karena jenis kanker ini tumbuh pada lapisan luar pada kulit. Kanker kulit sendiri biasanya tumbuh pada beberapa bagian-bagian tertentu pada tubuh, beberapa bagian tersebut antara lain:

  • Dahi
  • Hidung
  • Kelopak mata
  • Daun telinga
  • Pipi
  • Tangan
  • Kaki
  • Punggung

Perkembangan kanker kulit terjadi dengan sangat lambat, dimulai dengan noda kecil yang berwarna kelabu merah dan kadang berwarna kehitam-hitaman akibat pigmen.

Pencegahan Kanker Kulit

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

Gunakan Pelindung

Gunakan selalu pelindung matahari seperti payung, topi atau bisa juga memakai kaca mata Ultra Violet (UV). Selain itu, gunakan selalu pakaian tertutup ketika beraktifitas di luar ruangan. Apabila diperlukan, sun block juga bisa digunakan pada saat-saat tertentu, seperti ketika bersantai di pantai atau tempat-tempat terbuka lainnya.

Mengatur Pola Makan

Makanan juga merupakan salah satu faktor penting agar kita terhindar dari penyakit kanker kulit. Maka dari itu, biasakan selalu mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan, khususnya yang banyak mengandung antioksidan.

Kulit adalah bagian tubuh yang berada paling luar yang bisa dilihat oleh mata, dan merupakan salah satu aset berharga yang kita miliki. Maka sudah selayaknya kita menjaga kesehatan kulit kita.

Bagi anda wahai perempuan muslim, bersyukurlah karena allah swt telah memerintahkan anda agar menutup aurat. Selain akan menjaga diri anda dari godaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, menutup aurat juga akan membuat anda terlindung dari paparan sinar matahari langsung, sehingga anda bisa terhindar dari penyakit kanker kulit.

Selanjutnya Cara Mengobati Kanker Kulit Dan Anjuran Makanannya.

Nah, itulah ulasan kita kali ini tentang Penyebab dan gejala penyakit kanker kulit. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Tags: , , , , , , , , , , , ,