Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Jamur Kadas

Penyebab dan gejala penyakit jamur kadas – Kadas merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit. Jamur Dermatofit merupakan jamur yang hidup pada sel-sel kulit yang mati dan berkembang ke daerah kulit yang lembab dan hangat.

Penyakit kadas memang bukan merupakan penyakit yang berbahaya yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Namun meskipun begitu, penyakit ini akan membuat penampilan kita menjadi kurang menarik. Seseorang yang mengalami infeksi penyakit kadas akan di cap sebagai orang yang jorok dan kurang peduli pada kebersihan badan.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Jamur Kadas

Penyebab dan gejala penyakit jamur kadas

Penyakit jamur kadas sering juga disebut dengan istilah ringworm, karena penyakit ini biasanya akan menimbulkan luka berbentuk lingkaran yang menyerupai cincin. Luka tersebut umumnya akan berwarna merah, mengeluarkan cairan, bersisik, dan seiring berjalannya waktu, luka tersebut mengelupas.

Jika seseorang sudah terinfeksi penyakit kadas, sebaiknya harus segera di obati, karena penyakit ini selain mengganggu penampilan juga akan menyebar dengan cepat ke bagian-bagian kulit lainnya.

Beberapa Penyebab Penyakit Jamur Kadas

Seperti yang telah kita bahas di atas, penyakit jamur kadas adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Dermatofit. Adapun beberapa sebab seseorang terinfeksi oleh jamur dermatofit adalah sebagai berikut;

  • Kulit sering lembab; Kulit yang lembab akibat keringat merupakan salah satu faktor penyebab infeksi jamur kadas.
  • Jarang mengganti pakaian; Seseorang yang jarang mengganti pakaian biasanya akan mudah terkena penyakit jamur kadas, hal ini karena kuman dan bakteri pada pakaian akan berkumpul pada pakaian yang basah karena keringat
  • Sering meminjam pakaian milik orang lain; Salah satu penularan jamur adalah melalui pakaian. Maka hindarilah meminjam pakaian milik orang lain, karena hal ini beresiko terinfeksi jamur kadas.
  • Jarang mandi
  • Menggunakan alat-alat mandi miliki orang lain
  • Jarang mencuci handuk
  • Jarang mengganti sprei

Gejala Penyakit Jamur Kadas

Sama seperti penyakit lainnya, seseorang yang terinfeksi penyakit jamur kadas biasanya akan menunjukkan beberapa gejala. Nah, apa saja gejala yang ditimbulkan oleh infeksi jamur kadas, berikut uraiannya;

  • Kulit akan terasa gatal
  • Area kulit memutih
  • Tekstur kulit menjadi berubah
  • Terdapat luka berbentuk bulat seperti cincin pada kulit.
  • Kulit terasa kering dan bersisik

Nah, itulah beberapa penyebab dan gejala yang ditimbulkan oleh infeksi penyakit kadas. Sebenarnya penyakit ini bisa kita atasi dengan selalu menjaga kebersihan badan dan pakaian. Karena seseorang yang jarang membersihkan badan akan mudah sekali terinfeksi oleh penyakit kadas.

Selanjutnya Cara Mengobati Jamur Kadas dan Anjuran Makanannya.

Seperti itulah pembahasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit jamur kadas. Semoga ulasan kita di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai penyakit jamur kadas.


Tags: , , , , , , , , , , ,