Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Influenza

Penyebab dan gejala penyakit influenzaInfluenza atau yang sering disebut dengan flu adalah salah satu jenis penyakit menular yang sering menyerang unggas dan mamalia. Influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala paling umum dari penyakit influenza adalah demam, nyeri pada bagian tenggorokan, sakit kepala, dan tubuh menjadi tidak nyaman.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Influenza

Penyebab dan gejala penyakit influenza

Banyak orang yang menyamakan antara penyakit influenza dengan penyakit salesma. Padahal, influenza dan salesma adalah dua penyakit yang berbeda. Influenza adalah sebuah penyakit yang lebih berat dibandingkan dengan salesma. Pada anak-anak misalnya, penyakit influenza dapat menimbulkan rasa mual dan muntah. Nah sekarang, apa saja penyebab dari penyakit influenza? Berikut ulasannya;

Penyebab Penyakit Influenza

Seperti yang telah kita bahas di atas, penyebab penyakit influenza adalah virus influenza yang biasanya menyerang unggas dan mamalia. Adapun cara penularan penyakit influenza adalah sebagai berikut;

  • Penularan secara langsung: Penularan influenza secara langsung dapat terjadi melalui beberapa cara, misalnya lendir orang yang menderita influenza masuk ke dalam mulut, hidung, maupun mata.
  • Melalui udara: Penularan melalui udara bisa terjadi apabila kita menghirup butiran cairan yang dihasilkan dari batuk, bersin maupun ludah dari orang yang terserang penyakit influenza.
  • Penularan melalui benda: Seseorang dapat tertular penyakit influenza apabila tidak sengaja memegang barang atau benda yang sudah terkontaminasi oleh virus influenza.

Gejala Penyakit Influenza

Seseorang yang terserang penyakit influenza biasanya akan menunjukan beberapa gejala. Apa saja gejala yang ditimbulkannya? Berikut uraiannya;

  • Demam tinggi
  • Badan terasa menggigil
  • Hidung tersumbat
  • Nyeri pada tenggorokan
  • Kepala terasa berat dan pusing
  • Mata berair
  • Badan terasa lesu, lemah dan kurang bergairah

Gejala awal yang ditimbulkan pada seseorang yang terserang penyakit influenza adalah badan akan terasa menggigil dan sering kali suhu badan akan naik antara 38-39 derajat selsius. Selain itu, gejala lain yang paling sering terjadi adalah kepala akan terasa berat, sehingga orang yang menderita penyakit influenza umumnya akan lebih sering tidur karena badan terasa sulit untuk melakukan aktivitas.

Penyakit influenza biasanya terjadi pada musim pancaroba dan musim penghujan, karena pada musim ini daya tahan tubuh akan menurun, sehingga virus influenza akan mudah untuk menginfeksi tubuh.

Salah satu cara untuk menangkal penyakit influenza adalah dengan banyak mengonsumsi makanan-makanan sehat dan memperbanyak minum air putih, karena jika kondisi tubuh fit, virus influenza tidak akan mudah menginfeksi tubuh. Selain itu, berolahraga yang teratur dan menjaga pola hidup sehat juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

Selengkapnya silakan baca Cara Mengobati Influenza dan Makanan Sehatnya.

Nah itulah ulasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit influenza. Semoga ulasan singkat di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai penyakit influenza.


Tags: , , , , , , ,