Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Impetigo

Penyebab dan gejala penyakit impetigo – Impetigo adalah salah satu jenis penyakit kulit yang menular. Bayi dan anak-anak merupakan objek utama dari penyakit ini. Seseorang yang mengalami impetigo biasanya ditandai dengan luka yang berwarna merah pada wajah, mulut maupun hidung.

Impetigo umumnya ditularkan dari kulit ke kulit. Seseorang yang mengalami penyakit Impetigo dapat dengan mudah menularkannya pada orang lain. Namun, penyebab utama dari Impetigo adalah bakteri yang masuk pada kulit melalui lapisan kulit yang luka atau pada anak-anak yang memiliki kulit sehat.

Penyebab dan gejala penyakit impetigo

Tempat yang umumnya menjadi media penyebaran penyakit impetigo adalah tempat yang sering terjadi banyak interaksi oleh banyak manusia. Tempat ini biasanya seperti asrama yang tidak dijaga kebersihannya dan penjara yang kumuh yang berpotensi menularkan penyakit Impetigo. Kenapa demikian? Karena kepribadian setiap orang di tempat tersebut berbeda-beda, ada yang menyukai kebersihan dengan menjaga cara pola hidup sehat, namun ada juga orang yang jorok dan malas melakukan hal-hal yang berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Impetigo

Anak-anak dan bayi paling sering mengalami Impetigo dibandingkan dengan orang dewasa. Meskipun penyakit ini tidak terlalu berbahaya, namun seseorang yang terserang penyakit ini tetap perlu mendapatkan perawatan khusus. Namun sebelum kita membahas masalah pengobatan, kita harus mengetahui dulu apa penyebab penyakit Impetigo dan apa gejala yang ditimbulkannya.

Penyebab Penyakit Impetigo

Pada anak-anak, penyakit Impetigo umumnya terjadi karena bakteri yang didapat dengan bersentuhan langsung dengan orang yang menderita Impetigo. Selain melalui kulit, penyakit ini juga bisa terjadi karena bersentuhan dengan benda atau barang-barang milik seseorang yang menderita Impetigo.

Selain dari hal di atas, ada faktor lain seseorang menderita Impetigo. Apa saja faktor penyebab Impetigo, berikut uraiannya;

  • Cuaca panas atau cuaca lembab. Impetigo lebih mudah menyerang, khususnya pada bayi dan anak-anak.
  • Terjadinya luka pada kulit, sehingga memudahkan bakteri masuk ke dalam lapisan kulit.
  • Bergaul dengan orang yang menderita Impetigo.
  • Memiliki penyakit diabetes.

Gejala Penyakit Impetigo

Ada beberapa gejala-gejala yang timbul akibat penyakit Impetigo. Seperti apa gejala-gejala tersebut, berikut uraiannya;

  • Cairan yang sudah mengering pada permukaan kulit, warnanya mirip seperti madu yang bertumpuk-tumpuk.
  • Rasa gatal yang hebat pada kulit.
  • Terdapat ruam pada kulit dengan ukuran sekitar 1-2 mm, lalu ruam itu berubah menjadi gelembung yang di dalamnya terdapat cairan.
  • Pada saat gelembung tersebut pecah, maka akan berwarna kuning kecokelat-cokelatan.

Itulah beberapa gejala yang paling umum dan paling sering terjadi pada seseorang yang menderita penyakit Impetigo. Penyakit ini sendiri paling sering terjadi pada bagian leher, kaki, tangan, mulut dan daerah sekitar hidung.

Selanjutnya Cara Mengobati Impetigo dan Makanan Sehat

Nah, demikian pembahasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit Impetigo. Semoga uraian singkat di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai penyakit Impetigo. Biasakanlah untuk selalu hidup bersih agar anda dapat terhindar dari resiko terkena penyakit Impetigo dan usahakan agar tidak bergaul dengan orang yang menderita penyakit ini.


Tags: , , , , , , ,