Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Hiperhidrosis

Penyebab dan gejala penyakit hiperhidrosis – Hiperhidrosis merupakan suatu gejala di mana tubuh sering mengeluarkan keringat secara berlebihan dan terjadi secara konstan. Berkeringat adalah hal yang baik jika masih dalam porsi yang wajar, namun jika keringat yang keluar terjadi secara berlebihan, hal ini patut untuk diwaspadai.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Hiperhidrosis

Penyebab dan gejala penyakit hiperhidrosis

Hiperhidrosis umumnya terjadi pada telapak tangan, telapak kaki, ketiak, dan pada sebagian orang hiperhidrosis terjadi pada punggung. Selain mengganggu aktivitas sehari-hari, penyakit hiperhidrosis membuat kita merasa kurang percaya diri.

Penyebab Penyakit Hiperhidrosis

Saat ini, penyebab pasti penyakit hiperhidrosis memang belum diketahui. Apakah penyebabnya memang terjadi pada hiperaktivitas rantai sistem syaraf simpatis yang berfungsi sebagai pengendali pembentukan keringat, atau hiperaktivitas yang terjadi pada kelenjar keringat itu sendiri belum bisa dipastikan.

Namun meskipun belum diketahui secara pasti apa penyebab penyakit hiperhidrosis, para ahli kesehatan menyimpulkan beberapa penyebab seseorang mengeluarkan keringat berlebihan. Apa saja penyebabnya? Berikut ulasannya;

  • Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu : Pedas, Alkohol dan Kafein.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu seseorang mengeluarkan keringat, contohnya makanan pedas, minuman yang mengandung alkohol dan minuman yang mengandung kafein.

  • Obat-obatan kimia

Beberapa jenis obat-obatan kimia yang menyebabkan seseorang berkeringat, seperti morfin, obat anti-psikosa dan over dosis obat pereda nyeri.

  • Demam

Seseorang yang sedang mengalami demam umumnya akan mengeluarkan banyak keringat, keringat akan semakin banyak keluar seiring dengan penurunan suhu badan. Namun lama-kelamaan keringat akan menghilang.

  • Malaria

Seseorang yang menderita malaria biasanya akan mengalami gejala-gejala seperti badan menggigil, sakit kepala, mual, muntah dan suhu badan akan meningkat dengan drastis. Pada saat suhu badan turun, keringat akan banyak sekali keluar dari badan.

Gejala Penyakit Hiperhidrosis

Ada beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita penyakit hiperhidrosi. Beberapa gejala yang muncul akibat penyakit hiperhidrosis adalah sebagai berikut:

  • Telapak tangan, kaki dan ketiak sering sekali berkeringat. Telapak tangan, telapak kaki dan ketiak, akan sering terasa lembab, dengan begitu, Anda akan sering mengganti pakaian karena keringat yang banyak keluar dari ketiak menyebabkan badan menjadi bau.
  • Keringat yang keluar terasa lebih lengket, khususnya pada telapak tangan dan telapak kaki.
  • Bagian yang sering mengalami hiperhidrosis akan berwarna merah muda, atau putih kebiru-biruan. Selain lembab, bagian-bagian tubuh yang mengalami hiperhidrosis akan berwarna merah muda, dan pada beberapa kasus, warna pada bagian kulit yang mengalami hiperhidrosis berwarna putih ke biru-biruan.
  • Kulit mengalami pecah-pecah.
  • Kulit menjadi bersisik, khususnya pada bagian kaki.

Nah, itulah ulasan dari sehatfit.com mengenai penyebab dan gejala penyakit hiperhidrosis. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang hidup sehat. Sebagai catatan, agar terhindar dari penyakit hiperhidrosis, sebaiknya luangkanlah waktu untuk berolah raga yang teratur setiap hari dan berusaha menghindari makanan-makanan yang menjadi pemicu terjadinya penyakit hiperhidrosis.

Selanjutnya : Cara Mengobati Hiperhidrosis dan Anjuran Makanan


Tags: , , , , , , , , ,