Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Herpes

Penyebab dan gejala penyakit herpes – Penyakit herpes adalah salah satu penyakit kulit yang menular. Banyak orang yang meyakini bahwa herpes adalah penyakit kulit yang ditularkan melalui hubungan suami istri yang tidak sehat, padahal sebenarnya penularan penyakit herpes tidak hanya melalui hubungan suami istri saja.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Herpes

Penyebab dan gejala penyakit herpes

Perlu diketahui kalau bentuk penyakit herpes juga bisa berupa sebuah radang pada permukaan kulit yang diikuti oleh munculnya gelembung-gelembung. Gelembung-gelembung tersebut berisi air dan dapat menular pada permukaan kulit lainnya jika tersentuh.

Penyebab Penyakit Herpes

Penyebab utama penyakit herpes adalah virus Varisela-zoster. Varisela Zoster juga merupakan virus yang menjadi penyebab seseorang terkena penyakit cacar air. Biasanya pada saat seseorang terkena penyakit cacar air virus Varisela-Zoster akan menetap pada salah satu syaraf dalam tubuh, namun secara tidak aktif, dan ketika faktor metabolisme sedang menurun virus ini aktif kembali.

Sehatfit.com mengamati bahwa belum diketahui secara pasti apa penyebab virus Varisela-Zoster bisa aktif kembali, namun menurut para ahli ada beberapa faktor yang menjadi pemicu virus tersebut aktif kembali. Apa saja faktor pemicu aktifnya virus Varisela-Zoster? Berikut uraiannya;

  • Faktor Usia. Umumnya penyakit herpes menyerang korbannya yang berusia 50 tahun ke atas. Namun meskipun begitu, tak jarang juga kita jumpai anak-anak dan remaja yang menderita penyakit ini.
  • Pernah mengidap penyakit cacar air.
  • Sistem kekebalan tubuh yang menurun. Baik karena menderita penyakit gula, menjalankan kemoterapi, maupun karena penggunaan obat-obatan keras dalam jangka panjang.
  • Stress dan kurangnya istirahat juga merupakan salah satu faktor pemicu virus Varisela-Zoster bisa aktif kembali.

Gejala Penyakit Herpes

Jika seseorang terkena penyakit herpes, gejala yang pertama kali dirasakan oleh penderitanya adalah rasa sakit pada kulit seperti terbakar. Setelah beberapa hari, muncul ruam berbentuk setengah lingkaran pada tubuh. Setelah itu, ruam tersebut akan berubah menjadi kulit yang melepuh dan berisi air. Dalam kondisi seperti ini, kulit akan terasa gatal dan akan menjadi koreng dalam beberapa hari.

Namun meskipun begitu, tidak selamanya penderita herpes timbul ruam pada tubuhnya. Pada beberapa orang, gejala-gejala yang timbul akibat herpes terkadang membuat nyeri namun tidak menimbulkan ruam. Nah, berikut adalah beberapa gejala lain yang ditimbulkan oleh penyakit herpes;

  • Demam dan meriang. Tidak hanya karena sebab masuk angin saja, demam dan meriang juga bisa disebabkan oleh penyakit herpes.
  • Nyeri pada seluruh bagian tubuh.
  • Sakit kepala.

Itulah ulasan mengenai penyebab dan gejala penyakit herpes. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Bagi Anda yang pernah menderita penyakit cacar air, sebaiknya Anda bisa lebih berhati-hati akan penyakit ini, karena seperti yang telah kita bahas di atas, virus Varisela-Zoster dapat aktif kembali dalam kondisi-kondisi tertentu.

Selanjutnya : Cara Mengobati Herpes Dan Anjuran Makanannya


Tags: , , , , , , , , , , ,