Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Hepatitis C

Penyebab dan gejala penyakit hepatitis c – Hepatitis C merupakan infeksi yang menyerang organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis C. Penyakit Hepatitis C merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, karena umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala, namun dengan berjalannya waktu, penyakit ini akan menyebabkan sirosis.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Hepatitis C

Penyebab dan gejala penyakit hepatitis c

Menurut catatan World Health Organization (WHO), saat ini jumlah penderita Hepatitis C telah mencapai 130-150 juta jiwa. Penyakit ini juga telah menyebabkan kematian pada penderitanya yang mencapai 300-350 ribu jiwa. Selain itu, di Asia Tenggara sendiri tercatat korban yang meninggal akibat sirosis dan Hepatitis C mencapai 120.000 jiwa setiap tahunnya. Dan salah satu negara yang memiliki catatan kasus hepatitis C tertinggi di Asia Tenggara adalah Indonesia.

Penyebab Penyakit Hepatitis C

Seperti yang telah kita bahas di atas, penyebab penyakit Hepatitis C adalah Virus Hepatitis C. Namun selain itu masih ada beberapa penyebab lain seseorang terkena penyakit Hepatitis C, seperti apa penyebabnya, berikut ulasannya;

  • Membuat tato atau tindik dengan jarum atau benda-benda yang tidak steril.
  • Penularan melalui ibu ke anak, misalnya ketika si ibu sedang mengandung dan mengidap penyakit Hepatitis C, maka anaknya akan mengidap penyakit yang sama.
  • Menggunakan pisau cukur milik orang lain.
  • Menggunakan sabun mandi, sikat gigi dan handuk milik orang lain.
  • Hubungan sex sedarah.
  • Pemakaian narkoba dengan menggunakan alat suntik.

Dari semua penyebab di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa pasien Hepatits C kurang menjaga pola hidup sehat yang teratur.

Gejala Penyakit Hepatitis C

Nah, Setelah kita mengetahui beberapa penyebab seseorang terkena penyakit Hepatitis C, berikut akan kita cari tahu beberapa gejala penyakit Hepatitis C. Seperti apa gejala yang timbul pada penderita penyakit Hepatitis, mari kita simak uraian berikut;

  • Rasa Lelah Kronis. Seseorang yang mengidap penyakit Hepatitis C, umumnya akan sering merasa kelelahan, meskipun tanpa melakukan suatu aktivitas yang menguras tenaga.
  • Nafsu Makan Hilang. Seseorang yang menderita penyakit Hepatitis C umumnya nafsu makannya akan hilang, sehingga makin hari berat badannya akan semakin menurun.
  • Sering Mengalami sakit Perut. Selain Maag, Hepatitis juga merupakan salah satu penyakit yang sering menimbulkan sakit perut pada penderitanya.
  • Urin berwarna gelap. Gejala lainnya dari penyakit Hepatitis C adalah berubahnya warna urine menjadi gelap.
  • Warna Kulit Menjadi Kuning. Penyakit Hepatitis C merupakan sebuah penyakit yang menimbulkan perubahan warna kulit pada penderitanya. Selain warna kulit, bagian putih pada mata juga berubah menjadi kuning, namun hal ini biasanya jarang terjadi.

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab dan gejala penyakit Hepatitis C yang perlu Anda ketahui. Semoga uraian kita di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai jenis penyakit Hepatitis C.

Selanjutnya : Cara Mengobati Hepatitis C dan Anjuran Makanananya


Tags: , , , , , , , , ,