Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Hepatitis B

Penyebab dan gejala penyakit hepatitis BHepatitis B merupakan penyakit hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B. Selain itu, Hepatitis B adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang mudah sekali menular. Pola hidup yang tidak sehat merupakan penyebab utama seseorang tertular penyakit ini.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Hepatitis B Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab dan gejala penyakit hepatitis B

Penyakit Hepatitis B menyebabkan kerusakan parah pada hati. Padahal hati merupakan organ vital yang sangat penting bagi tubuh. Jika organ ini terganggu, maka semua organ lainnya akan terganggu. Fungsi utama hati adalah memproduksi cairan empedu, menyimpan karbohidrat serta menangkal racun dalam tubuh.

Baca juga : Penyebab dan Gejala Hepatitis A.

Penyebab Penyakit Hepatitis B

Ada beberapa penyebab seseorang terkena penyakit Hepatitis B. Beberapa penyebab seseorang terkena penyakit Hepatitis B adalah sebagai berikut.

  • Hubungan Seksual. Hubungan seksual seperti berganti-ganti pasangan dan berhubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman merupakan salah satu penyebab seseorang terkena penyakit Hepatitis B.
  • Melalui jarum suntik. Menggunakan jarum suntik bekas memiliki banyak sekali resiko, salah satu resikonya adalah penularan penyakit Hepatitis B.
  • Menggunakan alat kebersihan bersama-sama. Sikat gigi, sabun, pisau cukur dan handuk, akan menjadi sarana penularan penyakit Hepatitis B jika dipakai bersama-sama dengan orang lain.
  • Karena faktor keturunan. Seorang ibu hamil yang menderita Hepatitis B akan menurunkan penyakitnya pada anaknya ketika anak tersebut lahir.

Gejala Hepatitis B

Seseorang yang menderita Hepatitis B biasanya akan menunjukkan beberapa gejala penyakit. Tanda-tanda yang ditimbulkan akibat penyakit Hepatitis B adalah sebagai berikut.

  • Kehilangan nafsu makan. Seseorang yang menderita penyakit Hepatitis B umumnya akan kehilangan nafsu makan. Dengan begitu, berat badannya pun berangsur-angsur akan mengalami penurunan.
  • Sering mual dan muntah. Selain tidak nafsu makan, penderita penyakit Hepatitis B umumnya akan sering merasa mual dan muntah, khususnya ketika ia sedang makan. Gejala ini mirip dengan gejala maag, maka sulit sekali melihat perbedaan antar keduanya.
  • Sakit Kuning. Gejala yang paling menonjol pada seseorang yang menderita penyakit Hepatitis B adalah sakit kuning, yaitu kulit dan bagian putih mata berubah warnanya menjadi kuning.
  • Sering merasa lelah, pusing dan nyeri pada sekujur badan.

Penderita Penyakit Hepatitis B Di Indonesia

Di Indonesia, menurut riset kesehatan yang diadakan pada tahun 2007, jumlah masyarakat di Indonesia yang terkena penyakit Hepatitis B mencapai 9.4 %. Hal ini sama artinya dengan satu dari 10 orang terkena penyakit Hepatitis B. Namun sayangnya, hanya sebagian kecil saja orang yang menyadari bahwa dirinya terkena penyakit Hepatitis B.

Selanjutnya : Cara Mengobati Hepatitis B dan Makanan Sehatnya.

Nah, itulah beberapa penyebab dan gejala penyakit Hepatitis B. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai penyakit hepatitis B.


Tags: , , , , , , , , , ,