Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Hepatitis A

Penyebab dan gejala penyakit hepatitis A – Hepatitis A adalah salah satu jenis penyakit menular. Biasanya bagian tubuh yang diserang adalah organ hati. Salah satu cara penularannya adalah melalui kotoran. Maka dari itu, daerah-daerah yang kotor dan fasilitas sanitasinya yang belum memadai merupakan daerah yang rawan terkena penyakit Hepatitis A. Selain melalui kotoran, penularan Hepatitis A juga bisa melalui makanan.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Hepatitis A

Penyebab dan gejala penyakit hepatitis A

Penyakit Hepatitis A banyak terjadi di kalangan Pelajar maupun Mahasiswa. Jika pada waktu mereka masih kecil, orang tua mereka mengajari adab dan tata cara makan yang benar seperti berdoa dan menjaga kebersihan dengan cuci tangan dengan sabun sebelum makan, namun setelah dewasa mereka lupa dengan semua yang telah di ajarkan oleh orang tuanya, itulah yang menjadi salah satu jalan seseorang terkena penyakit Hepatitis A.

Penyebab Hepatitis A

Ada beberapa penyebab seseorang menderita penyakit Hepatitis A. Adapun penyebab seseorang menderita penyakit hepatitis A adalah sebagai berikut;

  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi kotoran dari penderita hepatitis A yang dibawa oleh lalat.
  • Mengonsumsi kerang yang dimasak tidak sempurna.
  • Melalui kontak langsung dengan penderita Hepatitis A.
  • Memasak air tidak matang.
  • Memiliki sistem metabolisme yang abnormal, namun hal ini biasanya jarang terjadi.

Gejala Hepatitis A

Seseorang yang menderita penyakit hepatitis A biasanya akan menunjukkan beberapa gejala. Beberapa gejala yang sering terjadi pada pasien hepatitis A antara lain;

  • Mudah lelah dan capek. Seseorang yang menderita penyakit hepatitis A akan sering mengalami rasa lelah dan capek meskipun tidak melakukan aktivitas yang menguras banyak tenaga.
  • Timbul demam. Meskipun suasana di luar sedang cerah, seseorang yang terkena penyakit Hepatitis A tetap akan merasa kedinginan dan selalu ingin meringkuk di dalam selimut.
  • Mual dan muntah. Gejala lain yang ditimbulkan oleh hepatitis A adalah sering merasa mual dan ingin muntah. Hal ini memang mirip dengan gejala maag, sehingga banyak orang yang kesulitan membedakan keduanya.
  • Penurunan nafsu makan. Seseorang yang menderita penyakit Hepatitis A umumnya akan merasa tidak berselera makan. Dengan begitu, berat badan pun akan berangsur-angsur mengalami penurunan.
  • Wajah pucat. Gejala umum yang sering terjadi pada penderita penyakit hepatitis A adalah wajah terlihat pucat dan diikuti warna kuning pada kulit. Maka, karena alasan tersebut, banyak orang yang memberi julukan pada penyakit Hepatitis A dengan sebutan penyakit kuning.

Lanjutannya : Cara Mengobati Hepatitis A dan Anjuran Makananya

Nah, itulah ulasan sehatfit mengenai beberapa penyebab dan gejala penyakit Hepatitis A yang paling sering terjadi. Semoga ulasan kita di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai penyakit hepatitis A. Sebagai catatan, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan di manapun Anda berada agar Anda terhindar dari penyakit hepatitis A.


Tags: , , , , , , , , , ,