Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit H1N1

Penyebab dan gejala penyakit H1N1 – H1N1 (Swine Influenza) merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus Orthomixoviridae yang umumnya banyak terdapat pada populasi babi. Di Indonesia, penyakit H1N1 lebih populer dengan julukan penyakit “ flu babi”.

H1N1 adalah penyakit yang sangat berbahaya, karena menurut catatan, banyak sekali korban yang berjatuhan akibat serangan penyakit H1N1. Selain itu, penyebarannya pun sangat cepat. Umumnya, penyebaran penyakit H1N1 bisa melalui Babi ke manusia, dan bisa juga melalui manusia ke manusia lainnya. Namun tak jarang juga virus ini menyebar melalui hewan berdarah panas lainnya seperti monyet, kelelawar dan hewan berdarah panas lainnya.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit H1N1

Penyebab dan Gejala Penyakit H1N1

Penyakit H1N1 awal mulanya ditemukan di negara Meksiko dan menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Beberapa tahun terakhir, penyakit H1N1 sempat membuat resah dunia. Namun meskipun begitu, virus H1N1 hanya dapat bertahan hidup di udara sekitar 2 sampai 8 jam saja.

Baca juga Cara Mengobati H1N1 dan Anjuran Makanannya.

Penyebab Penyakit H1N1

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, penyebab utama dari penyakit H1N1 adalah virus Orthomixoviridae, di mana virus ini menyerang organ pernapasan, khususnya paru-paru. Sama halnya dengan penyakit flu pada umumnya, penyakit H1N1 mudah sekali menular. Seseorang yang mengidap penyakit H1N1 (flu babi) akan dengan mudah menularkannya kepada orang lain, khususnya pada orang-orang yang berada di sekitarnya.

Penyakit H1N1 adalah penyakit yang perlu untuk diwaspadai, karena selain penyakit ini mudah menular, penyakit H1N1 juga sangat berbahaya. Tidak sedikit korban yang tewas akibat penyakit ini. Menurut beberapa sumber, Amerika adalah salah satu negara yang mempunyai jumlah korban terbanyak akibat serangan H1N1.

Gejala Penyakit H1N1

Seseorang yang terserang penyakit H1N1 akan menunjukkan beberapa gejala. Beberapa gejala yang sering terjadi pada penderita penyakit H1N1 adalah demam, batuk, tenggorokan sakit, dan badan terasa lesu.

Namun tidak selamanya gejala-gejala tersebut menandakan seseorang terkena penyakit H1N1. Maka untuk memastikan apakah seseorang positif terserang penyakit H1N1 atau tidak, perlu dilakukan pengujian maksimal. Sebagai contoh, pada tahun 2009 di mana Amerika pada waktu itu sedang terserang wabah penyakit H1N1, untuk mendiagnosa pasien yang terserang H1N1, dokter melakukan beberapa hal seperti misalnya “apakah pasien memiliki riwayat penyakit akut pada pernapasan, yang ada kaitannya dengan H1N1, apakah sebelumnya pasien berada di 3 negara bagian Amerika Serikat yang memiliki jumlah korban penyakit H1N1 paling banyak”.

Dengan melakukan uji coba seperti itu, maka dokter dapat lebih mudah menyimpulkan apakah benar pasien terserang penyakit H1N1 atau pasien terserang penyakit yang lain.

Nah, itulah ulasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit H1N1 yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan singkat sehatfit di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai penyakit H1N1.


Tags: , , ,