Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Flu Babi

Penyebab dan gejala penyakit flu babiFlu babi (swine influenza) ditunjukkan dengan gejala influensa yang disebabkan oleh virus Orthomixoviridae yang endemik pada populasi babi. Masyarakat umum menyebut penyakit flu babi dengan sebutan H1N1. Penyakit flu babi menginfeksi saluran pernapasan terutama paru-paru.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Flu Babi

Penyebab dan gejala penyakit flu babi

Perlu diketahui bahwa setiap tahun selalu saja ada kasus penyakit flu babi menginfeksi manusia. Penularan virus ini bisa dengan bersentuhan langsung dengan hewan berdarah panas seperti babi, maupun bisa dari manusia ke manusia. Selain babi, banyak jenis hewan lainnya yang juga menjadi medium penyebaran dan penularan virus ini. Umumnya adalah hewan berdarah panas seperti kera, kelelawar dan lainnya.

Penyebab Penyakit Flu Babi

Seperti yang telah kita bahas di atas, penyebab penyakit flu babi adalah virus orthomixoviridae atau disebut juga dengan virus H1N1 yang endemik pada populasi babi. Virus H1N1 asal mulanya ditemukan di Meksiko, lalu menyebar dengan pesat ke seluruh dunia.

Sama seperti virus flu pada umumnya, penyakit flu babi juga mudah sekali menular. Banyak sekali cara penularannya, misalnya saja lewat gagang pintu, telepon umum, uang dan barang-barang lainnya yang dapat kita sentuh, padahal barang-barang tersebut sebelumnya sudah terdapat virus H1N1. Maka dari itu, biasakanlah mencuci tangan dengan sabun setelah Anda beraktifitas, sebelum dan sesudah makan, serta setelah buang air.

Gejala Penyakit Flu Babi

Ada beberapa gejala penyakit yang sering timbul pada seseorang yang terserang virus flu babi. Gejala ini seperti

  • Demam
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri pada tubuh
  • Panas dingin
  • Badan terasa lesu.

Namun tidak selamanya gejala-gejala di atas menunjukkan seseorang terkena penyakit flu babi. Untuk mendiagnosa penyakit ini, dibutuhkan pengujian secara maksimal. Sebagai contoh, pada tahun 2009 saat Amerika sedang terjangkit wabah flu babi, dokter diharuskan untuk mendiagnosa pasien :

  • Apakah pasien memiliki riwayat penyakit pernapasan akut yang ada kaitannya dengan orang yang telah ditetapkan terserang penyakit flu babi, atau
  • Pasien berada di lima negara bagian Amerika serikat yang banyak melaporkan kasus-kasus flu babi”.

Tips Menghindari Penyakit Flu Babi

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi penyebaran penyakit flu babi. Di antaranya :

  • Selalu menjaga kebersihan di rumah dan lingkungan sekitar,
  • Menghindari orang-orang yang sedang bersin-bersin
  • Rutin memeriksakan kesehatan Anda dan keluarga ke dokter. Tujuannya, supaya dokter bisa memberikan vaksin guna kekebalan tubuh terhadap serangan virus flu babi.

Selain itu, jika memang sudah terjangkit h1n1, Anda bisa langsung melakukan langkah pengobatan flu babi dan perbanyak konsumsi makanan yang diperbolehkan.

Nah, itulah ulasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit flu babi. Semoga ulasan sehatfit.com kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar penyebab dan gejala yang timbul akibat penyebaran virus flu babi. Pastikan Anda dan keluarga Anda terhindar dari penyebaran virus flu babi dengan membiasakan hidup bersih setiap saat.


Tags: , , , , , , , , , , , ,