Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Fibromialgia

Penyebab dan gejala penyakit fibromialgiaFibromialgia adalah salah satu jenis penyakit yang membuat penderitanya mengalami nyeri pada sekujur tubuh serta menyebabkan kelelahan tanpa sebab. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun secara statistik fibromialgia lebih sering menyerang orang dewasa yang berumur antara 30-50 tahun. Baik laki-laki maupun perempuan punya potensi yang sama tapi ada kecenderungan wanita berpotensi lebih tinggi terserang fibromialgia dibandingkan dengan pria.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Fibromialgia

Fibromialgia juga dapat didefinisikan sebagai suatu jenis penyakit yang menimbulkan rasa nyeri yang berasal dari otot serta jaringan fibrosa seperti tandon dan ligamen. Namun meskipun begitu, penyakit ini tidak menimbulkan gangguan pada sendi, sehingga tidak menimbulkan gejala arthritis. Berikut penjelasan sehatfit mengenai penyebab dan gejala fibromialgia.

Penyebab dan gejala penyakit fibromialgia

Penyebab Penyakit Fibromialgia

Menurut para dokter, penyebab seseorang terkena penyakit fibromialgia belum diketahui dengan pasti, namun beberapa pakar kesehatan menduga ada beberapa faktor yang memicu terjadinya penyakit ini. Beberapa faktor yang memicu terjadinya penyakit fibromialgia adalah sebagai berikut;

  1. Usia. Seseorang yang berumur antara 30-50 tahun sangat rentang terkena penyakit ini.
  2. Wanita. Jenis kelamin perempuan lebih dominan terserang penyakit fibromialgia dibandingkan laki-laki.
  3. Gen. Faktor keturunan. Jika salah seorang ibu mengidap penyakit fibromialgia, maka umumnya anaknya memiliki risiko terkena penyakit fibromialgia lebih besar.
  4. Trauma. Trauma fisik maupun psikologis seperti mengalami kecelakaan parah, cedera saat berolah raga serta pernah menjalani operasi juga merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit fibromialgia.
  5. Kadar abnormal pada senyawa-senyawa yang berada dalam sistem syaraf.
  6. Senyawa pada otak yang tidak seimbang.

Gejala Penyakit Fibromialgia

Setelah kita mengetahui faktor pemicu terjadinya penyakit fibromialgia, berikut ini adalah beberapa gejala yang sering terjadi pada penderita fibromialgia. Beberapa gejala yang sering timbul akibat fibromialgia adalah sebagai berikut;

  1. Sering mengalami kelelahan tanpa sebab.
  2. Sering merasakan sakit pada sekujur badan.
  3. Susah tidur atau pola tidur yang kurang baik.
  4. Mudah stress.
  5. Sering cemas.
  6. Pada wanita haid, sering mengalami nyeri yang tidak tertahankan.

Gejala-gejala di atas umumnya terjadi pada perempuan. Dan terkadang, pada saat bangun tidur di pagi hari, badan akan terasa lelah dan akan terasa semakin lelah menjelang siang hari. Rasa lelah yang berlebihan dapat membuat seseorang menjadi kurang konsentrasi sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Maka untuk perempuan, sebelum terlanjur terkena penyakit fibromialgia, biasakanlah menjalani pola hidup sehat dan rutin olah raga. Hal ini karena perempuan memiliki resiko terkena penyakit fibromialgia yang lebih tinggi dibandingkan pria.

Nah, itulah ulasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit fibromialgia. Untuk cara mengobati fibromialgia dan makanan sehatnya bisa anda bisa di artikel selanjutnya. Sudah sehatfit.com jabarkan lengkap obat dan terapinya serta makanan yang boleh dan dilarang untuk dikonsumsi.


Tags: , , , , , , , ,