Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Fatty Liver

Penyebab dan gejala penyakit fatty liver – Penyakit Fatty Liver merupakan suatu keadaan di mana terdapat penimbunan lemak yang berlebihan pada sel-sel hati. Lemak yang terdapat pada hati jumlahnya tidak boleh melebihi 10%. Jika jumlah kadar lemak melebihi 10% maka sel-sel hati yang sehat akan digantikan dengan sel lemak, dan ini akan sangat berbahaya dalam jangka panjang jika tidak segera diobati.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Fatty Liver Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab dan gejala penyakit fatty liver

Hati yang memiliki kadar lemak berlebih akan berwarna kuning mengkilat dan beratnya akan melebihi berat hati yang sehat. Nah, kondisi seperti inilah yang disebut dengan penyakit fatty liver. Memang penyakit fatty liver tidak begitu berbahaya dalam jangka pendek, namun jika tidak segera diobati, penyakit fatty liver dapat berpotensi menjadi penyebab terjadinya kerusakan hati dan sirosis.

Penyebab Penyakit Fatty Liver

Ada beberapa penyebab seseorang bisa terkena penyakit fatty liver. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab penyakit fatty liver, mari kita lihat bersama beberapa hal yang menjadi sebab seseorang terkena penyakit fatty liver dalam uraian berikut ini.

  1. Penyebab utama seseorang terkena penyakit fatty liver adalah karena kegemukan (Obesitas).
  2. Memiliki penyakit kencing manis (Diabetes).
  3. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan minuman-minuman bersoda.
  4. Kurangnya asupan gizi atau juga karena melakukan diet rendah protein.
  5. Tubuh keracunan vitamin A akibat mengonsumsi vitamin A yang berlebihan.
  6. Penyakit fatty liver juga dapat disebabkan operasi pada bagian usus kecil dan terjadi reaksi yang berlebihan sehingga mengganggu fungsi hati.
  7. Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia sehingga mengganggu fungsi hati.
  8. Memiliki kelainan pada metabolisme glitogen dan galaktose.
  9. Terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kadar lemak jenuh tinggi, yang biasanya terdapat pada makanan-makanan yang mengandung banyak santan, makanan-makanan pedas, gorengan serta kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet.

Gejala Penyakit Fatty Liver

Setelah kita mengetahui apa yang menjadi penyebab seseorang terkena penyakit fatty liver, sekarang kita akan mencari tahu apa gejala yang sering terjadi pada penderita penyakit fatty liver. Beberapa gejala yang sering timbul pada penderita fatty liver adalah sebagai berikut.

  1. Perut terlihat buncit. Perut yang buncit disebabkan adanya pembengkakan pada bagian dalam perut. Dan terkadang hal ini menimbulkan rasa sakit pada saat bernapas.
  2. Sering buang air kecil, dan warnanya kuning gelap.
  3. Buang air besar tidak teratur.
  4. Sering mengalami rasa haus yang berlebihan.
  5. Berat badan menurun drastis akibat nafsu makan yang menurun. Dan terkadang orang yang mengalami penyakit fatty liver mudah memar.
  6. Mudah terserang sakit kepala, lemah, letih, lesu dan juga depresi.
  7. Bau mulut serta bau badan yang berlebihan.

Nah itulah beberapa gejala yang sering terjadi pada orang yang menderita penyakit fatty liver. Jika anda merasakan beberapa gejala yang ada dalam uraian di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar anda bisa mendapatkan penanganan dengan tepat dan cepat. Segera obati dengan langkah cara mengobati fatty liver dan makanan sehatnya ini. Baiklah sampai di sini dulu ulasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit fatty liver. Semoga uraian singkat di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Tags: , , , , , , , ,