Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Enterobiasis Lengkap

Penyebab dan gejala penyakit enterobiasis – Enterobiasis adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi Cacing Kremi. Umumnya, orang yang paling sering terkena penyakit ini adalah anak-anak. Namun tidak jarang juga enterobiasis menyerang orang dewasa.

Gejala penyakit enterobiasis biasanya akan terjadi dalam dua tahapan. Tahap pertama, telur cacing yang berada pada daerah sekitar anus penderitanya pindah pada pakaian, lalu menempel pada tangan, mainan, dan makanan lalu tertelan oleh anak-anak. Setelah tertelan, telur cacing akan menjadi larva pada usus kecil dan akan menjadi cacing dewasa pada bagian usus besar. Untuk proses pematangan dari larva cacing menjadi cacing dewasa membutuhkan waktu antara 2 sampai dengan 6 minggu.

Penyebab Dan Gejala Penyakit Enterobiasis

Beberapa penyebab dan gejala penyakit enterobiasis

Penyebab Penyakit Enterobiasis

Seperti yang telah kita bahas di atas, gejala penyakit enterobiasis disebabkan oleh Cacing kremi (Enterobiasis). Penyakit enterobiasis umumnya disebabkan oleh telur cacing yang tidak sengaja tertelan, sehingga menjadi larva dan tumbuh menjadi cacing dewasa pada usus korbannya. Tapi tahukah anda, selain ditularkan melalui telur yang tertelan, penularan cacing enterobiasis atau cacing kremi juga bisa di sebabkan karena telur cacing enterobiasis terhirup oleh hidung pada saat kita bernafas. Jadi tidak heran kalau penyakit ini gampang sekali untuk menular, khususnya pada anak-anak.

Gejala Infeksi Cacing Kremi (Enterobiasis)

Ada beberapa gejala yang sering terjadi ketika seseorang mengalami penyakit Enterobiasis:

1. Sering merasa gatal pada daerah sekitar anus.

2. Pada malam hari, akan sering mengalami gatal yang dahsyat.

3. Nafsu makan anda akan berkurang secara perlahan dan berat badan anda akan semakin turun jika tidak segera diobati.

4. Pada wanita, gejala yang timbul diakibatkan oleh cacing kremi adalah gejala gatal yang sangat luar biasa pada daerah sekitaran kemaluan.

5. Seseorang yang menderita penyakit Enterobiasis, daerah sekitaran anus akan terasa lecet, stamina yang menurun dan akan sering mengantuk.

Diagnosis Infeksi Cacing Kremi (Enterobiasis)

Setelah kita mengetahui penyebab dan gejala penyakit enterobiasis, sekarang kita akan mencari tahu tips untuk mendiagnosis infeksi cacing kremi. Untuk mendiagnosis apakah seseorang tersebut terkena penyakit ini atau tidak sebenarnya sangat mudah, khususnya pada anak-anak.

Pada saat anak tertidur pada malam hari, kita bisa melihat cacing kremi dengan mata telanjang. Caranya adalah dengan melihat anus dari anak tersebut, biasanya bila anak tersebut terkena penyakit Enterobiasis pada anusnya akan keluar sejenis cacing yang sangat kecil dan berwarna putih.

Nah, itulah ulasan kita mengenai penyebab dan gejala penyakit enterobiasis. Agar kita terhindar dari penyakit tersebut, pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta setelah buang air besar. Dengan menjaga kebersihan, maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit enterobiasis.


Tags: , , , , , , ,