Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Emfisema

Beberapa penyebab dan gejala penyakit Emfisema – Emfisema merupakan kondisi di mana kantung udara pada paru-paru hancur secara bertahap. Kondisi seperti itu membuat nafas menjadi pendek. Beberapa hal yang menjadi penyebab utama terjadinya penyakit Emfisema adalah kebiasaan seseorang yang sering merokok.

Emfisema juga merupakan salah satu penyakit yang dikenal dengan sebutan penyakit Paru Obstruktif Kronis (POK). Ketika seseorang terkena penyakit ini, ruas paru-paru akan mengecil dan akan mempengaruhi jumlah suplai oksigen dalam darah. Hal ini karena Emfisema akan membuat balon-balon udara pada paru-paru yang bentuknya mirip seperti buah anggur dengan lubang-lubang pada dindingnya.

Beberapa penyebab dan gejala penyakit Enfisema

Selain itu, Emfisema juga akan menghancurkan secara perlahan serat-serat elastis yang berfungsi untuk membuka saluran udara yang mengarah pada paru-paru. Hal ini memungkinkan saluran udara akan runtuh ketika seseorang mengeluarkan nafas, sehingga udara yang berada di dalam paru-paru tidak bisa keluar.

Beberapa Penyebab Dan Gejala Penyakit Emfisema

Penyebab Penyakit Emfisema

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab penyakit Emfisema, salah satu penyebab paling utama adalah kebiasaan merokok. Pada saat merokok, asap yang ditimbulkan oleh rokok akan masuk ke dalam paru-paru dan menimbulkan kerusakan permanen pada paru-paru. Maka dari itu, tidak ada solusi lain selain berhenti merokok saat ini juga.

Selain itu, penyebab penyakit Emfisema juga bisa karena kelainan genetik yang langka pada saat lahir yang disebut dengan alpha-1 antitrypsin defisiensi. Seseorang yang mengalami kelainan genetik seperti ini akan kehilangan enzim yang berfungsi untuk melindungi paru-paru. Dalam beberapa kasus, seseorang dengan kelainan genetik alpha-1, akan menderita penyakit Emfisema meskipun tanpa merokok.

Selain dari dua hal di atas, polusi udara termasuk juga dengan perokok pasif turut berkontribusi menjadi sebab seseorang terkena penyakit Emfisema. Maka dari itu, pada saat beraktivitas di luar ruangan khususnya di kota besar seperti Jakarta, pakailah masker untuk menutupi hidung dan mulut agar polusi dan debu tidak ikut terhirup pada saat bernafas.

Gejala Penyakit Emfisema

Ada beberapa gejala yang sering terjadi pada penderita Emfisema. Gejala-gejala yang timbul pada penderita penyakit Emfisema adalah sebagai berikut:

  1. Sesak Nafas
  2. Sering kelelahan
  3. Mengi
  4. Batuk Kronis
  5. Dada Sesak
  6. Nafsu makan berkurang
  7. Berat badan menurun
  8. Tidak bergairah untuk melakukan kegiatan-kegiatan fisik

Jika anda memiliki gejala penyakit seperti uraian di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Memang tidak selamanya gejala di atas menunjukkan seseorang terkena penyakit Emfisema, namun dengan memeriksakan diri ke dokter kita bisa mengantisipasi lebih awal jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Gejala-gejala yang timbul pada penderita penyakit Emfisema tidak akan hilang, bahkan gejala-gejala tersebut akan lebih parah jika didiamkan. Maka semakin cepat kita memeriksakan diri, akan semakin cepat pula mendapatkan pengobatan.

Nah, itulah ulasan kita mengenai penyebab dan gejala Emfisema. Semoga ulasan singkat kita di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Mulailah menjalani pola hidup sehat saat ini juga dan berhentilah merokok agar kita terhindar dari berbagai penyakit termasuk juga penyakit Emfisema.


Tags: , , , , ,