Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Dan Gejala Penyakit Eksem

Penyebab Dan Gejala Penyakit Eksem – Penyakit Eksem/Eksim/Dermatitis umumnya ditandai dengan kulit menjadi bengkak atau seperti iritasi. Dalam bahasa inggris disebut dengan Eczema. Ada banyak jenis eksem dan akan kami jelaskan di bawah. Salah satunya adalah Eksem Atopik atau Dermatitis Atopik yang merupakan jenis eksim paling sering muncul, bersifat turunan, dan cenderung menimbulkan alergi pernapasan dan peradangan.

Data statistik menunjukkan bahwa eksem lebih banyak menyerang usia anak-anak sebesar 20% dibanding dewasa yang hanya 3%. Bukan berarti anda yang sudah dewasa bisa mengabaikannya. Faktanya, penyakit ini termasuk kategori yang proses penyembuhannya lama. Eksim yang menyerang anak-anak bisa berlanjut sampai usia dewasa jika tidak ditangani dengan ahlinya.

Jenis, Penyebab dan Gejala Penyakit Eksem/Eksim/Eczema/Dermatitis

Jenis Penyebab Dan Gejala Penyakit Eksem

Jenis Penyakit Eksem

Eksem/Dermatitis Atopik : Termasuk penyakit turunan (genetik) dan paling sering muncul. Biasanya menyerang bayi (2-18 bulan) dan anak-anak. Gejala atau Symptom yang umum adalah gatal di kulit, radang di kulit, dan bahkan ada yang disertai dengan hay fever / demam hay dan juga asma. Kenapa demikian? Kulit bayi dan anak-anak cenderung sangat sensitif. Pakaian, sabun, suhu udara, kebersihan rumah adalah pemicu awal dari bayi yang terkena eksem.

Eksem/Dermatitis Kontak : Eksem yang terjadi karena adanya kontak (sentuhan langsung) dengan beberapa benda. Dipisah menjadi dua yaitu Dermatitis Kontak Alergik dan Dermatitis Kontak Iritan. Untuk Dermatitis Kontak Alergik umumnya terjadi kontak antara kulit dengan tanaman Jelatang, parfum, pengawet, kosmetik, pewarna, dan metal. Benda-benda ini menimbulkan alergi pada kulit karena lemahnya antibodi pada tubuh. Sementara Dermatitis Kontak Iritan terjadi kontak kulit dengan senyawa kimiawi seperti sabun mandi, sabun cuci, deterjen, cairan pembersih yang keras. Benda tersebut menghilangkan minyak yang ada di tubuh sehingga kulit menjadi kering dan keras. Jenis terakhir ini bisa juga disebut Dermatitis Seboroik.

Dermatitis/Eksem Numular : Sering disebut dengan eksim basah. Numular/Numularis/Nummulus artinya adalah koin kecil. Bisa disimpulkan kalau bentuk eksimnya menyerupai koin kecil, bulat dan memiliki batas eksim yang jelas. Disebut basah karena muncul bintil-bintil yang berair dan rasanya gatal. Bisa terjadi di kaki, tangan, lengan, punggung, dan juga dada.

Dermatitis/Eksem Stasis : Jenis ini merupakan eksim yang kronis terjadi di bagian bawah kaki bagian dalam. Erat kaitannya dengan penyakit varises. Paling banyak terjadi pada orang baya. Terjadi karena fungsi katup pembuluh darah vena telah terganggu.

Penyebab Penyakit Eksem

Secara pasti belum bisa diketahui penyebab langsung penyakit eksem. Namun, jika dilihat dari jenis penyakit eksim di atas, bisa diketahui bahwa ada kontak antara kulit dengan benda-benda asing dan imunitas tubuh merespon secara berlebihan sehingga muncullah eksem. Benda ini seperti sabun, parfum, kosmetik, pembersih, pakaian, bedak, tanaman, pasir, deterjen, makanan, klorin, dan kimiawi lainnya.

Selain itu, juga bisa muncul karena kondisi tubuh dan lingkungan seperti stres, emosi labil, suhu, kebersihan, dan bahkan genetik.

Gejala Penyakit Eksem

Gejala utama dari eksem/eksim adalah gatal dan ruam. Gatal bisa muncul lebih dulu, bisa juga ruam yang muncul lebih dulu.

  • Umumnya terjadi di kulit bagian luar yaitu kaki, tangan, lengan, punggung, dan dada.
  • Bisa juga terjadi di bagian dalam, umumnya di kaki bawah bagian dalam.
  • Terjadi kontras warna bagian yang terkena ruam (pigmentasi). Pada orang yang berkulit putih, eksem terlihat lebih cokelat dan kemerahan. Sementara orang yang berkulit gelap, eksim akan terlihat lebih terang atau bahkan lebih gelap lagi.
  • Pada anak-anak gejalanya akan lebih berbahaya lagi karena disertai asma dan demam.

Itulah informasi lengkap, ringkas dan padat tentang penyebab dan gejala penyakit eksem yang timbul pada bayi, anak-anak, dan dewasa. Akan kami ulas bagaimana cara mengobati eksem, perawatan dan juga makanan yang pas untuk penderita eksim di artikel selanjutnya.


Tags: , , , , , , ,