Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab dan Gejala Penyakit AIDS yang Harus Diketahui

Banyak yang telah mengetahui dengan pasti bahwa human immunodeficiency virus merupakan virus yang menyebabkan penyakit mematikan di dunia, yaitu AIDS. Virus ini mampu mematikan sistem kekebalan tubuh manusia dan menyebabkan tubuh tidak dapat melawan infeksi dengan baik. Jika virus ini memasuki tubuh, tubuh tidak dapat melakukan perlawanan terhadap benda asing yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Virus HIV ini merupakan virus yang kejam dan mematikan bagi setiap orang. Dalam mencegah banyaknya penderita AIDS, sosialisasi akan virus ini perlu dilakukan. Tujuan dari sosialisasi ini agar setiap orang tahu bagaimana menjaga tubuh mereka dari virus ini dan mengetahui akan penyebab dari penyakit AIDS. Di sehatfit.com, Anda akan mendapatkan informasi berikut.

Macam Penyebab dan Gejala Penyakit AIDS

Penyebab dan Gejala Penyakit AIDS yang Harus Diketahui

Tahap Pertama

Pada tahap awal seseorang terserang penyakit AIDS, mereka tidak dapat menerka dan tersadar jika tubuh mereka telah terkena virus HIV. Seseorang akan mulai merasakan demam yang tinggi yang disertai dengan sakit kepala yang berkepanjangan. Rasa sakit juga dialami oleh bagian tenggorokan. Pada bagian tenggorokan akan terjadi peradangan. Gejala lain yang akan timbul adalah pembengkakan pada kalenjar limpa dan timbulnya ruam pada kulit. Gejala tersebut tidak datang secara bersamaan. Gejala akan timbul secara berkala tetapi kita dapat menemukan seseorang yang mengalami gejala tersebut secara bersamaan. Gejala yang timbul juga dapat diketahui dari gejala yang timbul dalam kurun waktu yang lama.

Tahap Kedua

Seseorang bisa jadi tidak mengalami gangguan yang terjadi pada tahap pertama terkena virus HIV. Mereka bahkan tidak akan merasakan gejala-gejala tersebut dalam hitungan 8 hingga 9 tahun. Walaupun mereka tidak merasakan gangguan sama sekali pada kesehatan mereka, virus tetap berkembang biak di dalam tubuh dan menggandakan tubuh mereka. Virus yang semakin banyak jumlahnya akan merusak sistem kekebalan tubuh dan dapat mengakibatkan infeksi. Infeksi tersebut sering terjadi pada kalenjer limpa. Penderita akan merasakan batuk dan disertai dengan sesak napas. Karena batuk dan sesak napas, penderita akan mengalami penurunan berat badan. Penderita juga akan mengalami diare. Pada tahap ini pula penderita akan mengalami demam.

Tahap Terakhir

Penyebab terakhir dan gejala penyakit AIDS adalah terjadinya masalah yang serius dari perkembangan virus HIV. Pada kisaran waktu 10 tahun atau mungkin lebih dari terjadinya gejala pada tahap pertama, masalah akan timbul yang menyangkut dengan sistem kekebalan tubuh. Penderita akan mengalami infeksi pneumocystis carinii pneumonia pada saat sistem imun melemah. Selain itu penderita juga akan mengalami penurunan kadar CD4 lymphocyte. Kadar lymphocyte yang normal berkisar antara 800 hingga 1.200 tetapi jika penderita mengalami penurunan lymphocyte, mereka hanya memiliki kadar berkisar 200 atau lebih.

Jika penderita telah mengalami fase dimana virus telah berkembang biak dengan jumlah yang banyak dan telah mengganggu sistem imun, gejala dapat dilihat dengan sangat jelas. Penyebab dan gejala penyakit AIDS dapat dilihat dari seringnya berkeringat di malam hari, terjadinya demam tinggi dalam jangka waktu yang lama. Selain panas dapat pula terjadi batuk dengan sesak napas. Diare yang berkepanjangan akan terjadi yang disertai dengan sakit kepala hebat.

Mereka juga akan mengalami penurunan kejelian dalam melihat. Selain itu, timbulnya penurunan berat badan karena kurangnya napsu makan dan diare yang berkelanjutan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab dan gejala penyakit AIDS yang lain, datangi situs sehatfit.com untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Di situs ini Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap.


Tags: , , ,