Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




4 Penyebab dan 9 Gejala Penyakit Kencing Manis Yang Menyerang Anda

Penyebab dan gejala penyakit kencing manis – Penyakit kencing manis atau disebut juga dengan sebutan penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini juga merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan, karena penyakit ini apabila tidak segera mendapat penanganan akan menyebabkan terjadinya komplikasi.

Beberapa penyebab dan gejala penyakit kencing manis yang perlu diketahui

Penyebab dan gejala penyakit kencing manis

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu agar Anda terhindar dari penyakit mematikan ini, Anda harus mengetahui apa saja penyebab dan gejala yang ditimbulkannya.

Penyebab penyakit kencing manis

Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya penyakit yang juga sering disebut dengan diabetes. Selain itu, menurut para ahli medis obesitas juga merupakan akar dari berbagai penyakit. Timbunan lemak pada seseorang yang mengalami obesitas akan memicu resistensi terhadap insulin. Tidak hanya itu, lemak yang berlebihan pada tubuh juga akan mengakibatkan penyumbatan pada aliran darah dan berpengaruh pada fungsi hormon.

Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit kencing manis. Seseorang yang memiliki ketidakseimbangan hormon akan menjadi penyebab terhambatnya insulin dan terganggunya sel beta pankreas. Lebih dari itu, ketidakseimbangan hormon ternyata juga berkaitan erat dengan obesitas. Semakin banyak tubuh menyimpan lemak, maka sistem kerja hormon akan semakin terganggu.

Resistensi sel-sel tubuh terhadap insulin

Resistensi sel–sel tubuh terhadap insulin merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya penyakit kencing manis yang diakibatkan oleh faktor – faktor sebelumnya, yaitu obesitas dan ketidakseimbangan hormon. Dalam hal ini, kadar gula dalam tubuh menjadi meningkat akibat reaksi penolakan sel tubuh terhadap insulin. Selanjutnya, hal ini mengakibatkan glukosa tidak dapat digunakan tubuh sebagai makanan cadangan maupun sebagai sumber energi.

Sel beta pankreas mengalami kerusakan

Ini merupakan penyebab utama seseorang mengalami penyakit kencing manis. Sel beta pankreas merupakan organ tubuh yang berperan untuk melakukan sekresi insulin. Insulin tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kadar gula dalam tubuh. Apabila sel beta pankreas dalam tubuh mengalami kerusakan, insulin tidak dapat bekerja dengan normal dan kadar gula dalam darah menjadi tidak terkontrol.

Gejala penyakit kencing manis

Lebih jauh tentang penyebab dan gejala penyakit kencing manis, berikut adalah tanda dan ciri penyakit diabetes yang perlu Anda waspadai;

  1. Mudah lelah
  2. Terjadi penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas
  3. Sering merasa haus
  4. Frekuensi buang air kecil meningkat
  5. Warna kulit menjadi gelap, khususnya bagian leher
  6. Penglihatan menjadi lemah, dan menjadi kabur seiring berjalannya waktu
  7. Fungsi dari syaraf akan mengalami penurunan
  8. Jika terdapat lupa pada tubuh akan sulit mengering atau sembuh
  9. Sering merasa lapar

Penyebab dan gejala penyakit kencing manis di atas memang belum terlalu rinci. Namun yang pasti, semoga dengan informasi di atas kita jauh lebih mawas dan bisa melakukan tindakan pencegahan supaya tidak terjangkit penyakit degeneratif satu ini.


Tags: , , , , , ,