Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Cacar Air dan Penularannya

Penyebab Cacar Air dan Penularannya – Cacar air menjadi salah satu penyakit yang cukup serius. Betapa tidak, penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan bisa menular dengan sangat mudah. Penyakit ini juga bisa menimbulkan gejala seperti lemah saat menyerang seseorang. Selain gejala demam tinggi dan ruam di kulit yang bisa membuat kulit melepuh. Untuk itu, penyebab dan penularan penyakit ini patut diwaspadai. Kami akan memberikan gambarannya dalam artikel ini. silakan disimak.

Ini dia penyebab cacar air dan cara penularannya yang sangat mudah

Penyebab Cacar Air dan Penularannya

Penyebab cacar air

Secara singkat, cacar air disebabkan oleh virus yang memiliki nama varicella zoster atau biasanya disebut VZV ( Varicella zoster virus). Virus ini cukup berbahaya karena masuk dalam keluarga virus yang dapat menyebabkan penyakit herpes. Artinya, virus yang menyebabkan cacar air ini bisa menyebabkan herpes pada orang dewasa. Dan lebih bahaya lagi karena virus ini mudah sekali menular melalui kontak langsung maupun tak langsung.

Cara penularan

Penularan cacar air bisa terjadi dalam dua cara, yakni melalui kontak langsung dan tak langsung, apa bedanya?

Pertama, kontak langsung

Yang dimaksud dengan kontak langsung di sini adalah saat Anda tertular penyakit cacar air secara langsung dengan kulit penderita atau melalui cairan pernafasan dari penderita. Perlu Anda tahu kalau ruam dari kulit yang pecah dan merekah pada penderita-lah yang bisa membuat penularan secara kontak langsung ini. Jika sudah tertular, maka gejala cacar air akan cukup membuat Anda tersiksa karena penyakit ini juga disertai dengan demam tinggi.

Kedua, kontak tidak langsung

Sementara itu, kontak tidak langsung yang menjadi penyebab cacar air terjadi ketika seseorang yang sehat menghirup udara yang mengandung virus yang menjadi penyebab penyakit cacar air.

Penyebaran cacar air

Kemudian, penyakit cacar air ini juga bisa menyebar dengan sangat mudah. Penyebarannya bahkan disamakan dengan penyebaran dari flu dan pilek. Di mana lewat tetesan kecil dari hidung atau mulut berupa bersin dan batuk bisa membuat orang yang terkena cepat tertular. Maka dari itu, penting kiranya untuk menjaga diri Anda saat sudah mengetahui kalau ada anggota keluarga atau sahabat yang terkena penyakit ini.

Mengenali penyebab cacar air berikut gejala penyakit cacar air ini bisa menjadi usaha pertama Anda untuk mencegah dan menghindarinya agar selalu sehat dan fit.


Tags: , , , , , ,