Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Penyebab Bisul dan Gejala Bisulan

Penyakit bisul atau dalam dunia kedokteran disebut dengan penyakit abses. Penyakit bisul ini merupakan penyakit kulit yang kerap menyerang seseorang karena beberapa faktor dari kulit tersebut. Di sini sehatfit.com akan membahas bagaimana bisul dapat terjadi dan gejala-gejala awalnya. Umumnya bisul terjadi karena kurangnya kesehatan kulit. Khususnya menyerang pada anak-anak. Kulit yang kotor membuat kuman bersarang dan berkembang biak dengan kuman-kuman yang menyebabkan penyakit kulit seperti jamur atau panu dan bisul. Bisul ini memang bukan penyakit keras dan bisa disembuhkan dengan obat dari dokter maupun salep untuk bisul dan penyakit kulit lainnya yang dijual di beberapa apotek.

BEBERAPA PENYEBAB BISUL DAN GEJALA BISULAN AKAN DIBAHAS DI BAWAH INI

Penyebab Bisul dan Gejala Bisulan

Faktor Kebersihan

Penyebab bisul yang paling utama yaitu faktor kebersihan. Itu kenapa bisul kerap kali menyerang pada anak-anak. Kulit yang tidak bisa terjaga kebersihannya akan menumbuhkan bisul. Ketika bisul sudah membesar akan ada yang namanya mata bisul. Mata bisul ini berada tepat di tengah-tengah luka bisul tersebut. Selain itu, di dalamnya juga terdapat nanah yang menyimpan banyak kuman. Nanah-nanah itulah yang bisa menyebabkan bisul tumbuh lebih banyak.

Biasanya penyakit kulit ini bisa menyerang di kulit bagian ketiak dan wajah. Ketiak yang mempunyai banyak bakteri karena faktor keringat lebih rawan terkena penyakit kulit ini. Sehingga Anda perlu lebih teliti memperhatikan kebersihan kulit khususnya kulit-kulit yang menyimpan banyak kuman. Sedangkan wajah paling sering terkena kotoran. Wajah yang terbuka lebih sering terkena debu dan debu-debu tersebut membawa banyak kuman, sehingga Anda juga perlu teratur membersihkan wajah setelah keluar rumah.

Alergi

Penyebab bisul bukan hanya karena kuman saja, ternyata alergi juga dapat menimbulkannya. Menurut kesehatan alergi ini dipacu karena faktor makanan. Makanan yang Anda makan sebaiknya diteliti terlebih dahulu, apakah dapat berpengaruh pada Anda atau tidak. Biasanya penyebab bisul yang bisa disebabkan oleh makanan yaitu dari telur. Telur mengandung banyak protein dan bisul dapat tumbuh karena faktor protein tersebut.

Lemahnya Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah memang rentan sekali terhadap penyakit. Bakteri dan kuman akan lebih cepat menyerang ketika daya tahan tubuh tidak kuat atau dalam fase lemah. Kuman dan bakteri inilah yang sering kali membawa penyakit, khususnya bisul. Bisul disebabkan karena adanya bakteri stafilokokus. Bakteri ini tersimpan di folikel rambut dan berdiam di sana dalam waktu lama. Lama kelamaan kuman tersebut membuat penyumbatan darah kotor dan terjadinya bisul.

Benjolan Berwarna Merah

Benjolan di kulit yang berwarna merah ini merupakan salah satu gejala awal bisul itu tumbuh. Benjolan inilah kuman dan bakteri mulai berproses. Lama-kelamaan benjolan yang akan menjadi nanah membuat benjolan merah tersebut akan semakin membesar. Untuk menghindari terjadinya bisul di daerah kulit lainnya, segeralah lap nanah yang keluar.

Timbulnya Bintik Putih Ketika Bisul Mulai Membesar

Ketika bisul mulai membesar, maka akan timbul bintik putih. Bintik putih tersebut disebabkan karena mata nanah. Nanah-nanah tersebut akan keluar karena masih banyak nanah yang membeku di dalamnya. Jika sudah terjadi demikian, sebaiknya Anda berusaha mengeluarkan nanah itu agar bisul segera kempes dan sembuh.

Rasa Nyeri

Setelah gejala diatas mulai muncul, Anda akan diikuti dengan rasa nyeri dan gatal. Ini menandakan bahwa kuman mulai bekerja membentuk bisul tersebut. Rasa gatal akan terasa di sekeliling bisul dan setelah itu akan terasa panas. Pastikan jangan dikukur, karena jika bisul mendapat sentuhan dari tangan bisa mendatangkan kuman-kuman lain yang justru akan memperparahnya.

Paling penting dalam penyebab terjadinya penyakit bisul yaitu karena faktor kebersihan, sehingga pastikan semua bersih terutama untuk kulit. Ketika gejala mulai timbul segeralah mengobatinya. Mengobati bisa dengan menggunakan salep atau segera mengeluarkan nanah yang masih membeku di dalamnya.


Tags: , , , ,