Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Pengertian, Penyebab Penyakit Batuk Pilek dan Gejalanya

Sakit batuk pilek merupakan sakit yang paling wajar dan sakit yang paling sering diderita oleh mereka anak-anak kecil. Penyakit yang satu ini sulit dihindarkan karena sangat mudah menular lewat udara. Sekalipun kita sudah menjaga kondisi sebaik mungkin akan tetapi jika kita berada di sekitaran orang yang terkena penyakit ini, maka resiko tertular pun akan lebih meningkat.

Sehatfit.com akan menjelaskan pengertian, penyebab penyakit batuk pilek dan gejalanya

Batuk Pilek - Pengertian, Penyebab Penyakit dan Gejalanya

Pengertian sakit batuk pilek

Batuk merupakan sebuah reaksi akibat rangsangan yang mengganggu sistem pernafasan, khususnya pada bagian kerongkongan atau tenggorokkan. Batuk terjadi bisa saja diakibatkan oleh benda asing yang berhasil masuk ke dalam kerongkongan manusia, akhirnya menimbulkan rasa gatal dan terjadilah batuk. Sedangkan pilek (flu) merupakan sebuah penyakit yang timbul akibat virus. batuk merupakan salah satu gejala dari pilek. Flu atau pilek ini merupakan salah satu penyakit pada sistem pernafasan yang menular. Bukan hanya batuk, gejala pilek juga bisa dilihat dari sakit tenggorokkan, demam, dan hidung meler. Virus yang bisa mengakibatkan flu ini pun sangat banyak, diketahui bahwa ada lebih dari 200 virus yang bisa membuat seseorang terjerat flu. Virus yang paling terkenal menyebabkan pilek ialah virus Rhinovirus.

Penyebab Pilek

Selain virus, pilek juga bisa diakibatkan dari penularan. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa, pilek merupakan penyakit menular yang mana saluran penularannya berasal dari udara. Bagi mereka yang tertular, biasanya mereka menelan atau menghirup udara yang terkontaminasi droplet. Cuaca juga sangat berpengaruh kepada penyebabnya terjadi pilek. Di cuaca dingin, virus sangat bekerja sangat dominan, ditambah lagi cuaca dingin membuat kelembaban menjadi lebih meningkat. Kelembaban ini membuat droplet kecil menyebar lebih mudah.

Gejala pilek

Gejala pilek sangat mudah diketahui. Orang yang akan menderita pilek sudah mulai terlihat pada lendir atau yang di produksi di hidung lebih meningkat sehingga hidung mengalami penyumbatan. Hidung akan terasa lebih gatal. Gejala lainnya juga bisa berawal dari batuk berdahak serta sakit tenggorokkan. Kondisi Anda pun akan lebih menurun dan bisa mengalami iritasi pada mata. Bahkan bila daya tahan tubuhnya rendah, maka suhu tubuh bisa meningkat drastis.

Cara mencegah

Cara mencegah pilek pun tidak sulit, Anda cukup makan dengan teratur dengan gizi yang cukup. Bila ingin keluar rumah, maka gunakan masker demi tidak menelan atau menghirup udara yang terkontaminasi oleh virus penyebab pilek. Guna dari makan makanan bergizi secara teratur ialah untuk membuat sistem kekebalan tubuh anda menjadi lebih bugar dan siap melawan virus-virus yang akan masuk ke dalam tubuh anda. Untuk anak-anak, ajarkanlah mereka mencuci tangan secara teratur untuk mencegah tersebarnya virus selesma.

Pengobatan pilek

Menyembuhkan penyakit pilek bisa dikatakan cukup mudah. Hanya saja bila masih tergolong pilek ringan dan tidak dibebani oleh alergi yang menjurus ke daerah pernafasan. Seperti mengonsumsi permen menthol ternyata juga bisa meredakan flu. Bahkan berkumur dengan air garam yang biasa kita lakukan apabila sakit gigi, ternyata juga bisa meredakan mampet pada hidung.

Untuk bayi dan balita, menggunakan obat tetes masih dikatakan lebih aman ketimbang menggunakan air garam. Apabila cara-cara tersebut masih belum juga menyembuhkan penyakit flu anda, maka sebaiknya anda menghubungi dokter atau membeli obat secara langsung di apotek. Atau konsultasilah kepada mereka yang lebih ahli di bidangnya, dengan demikian anda tidak akan tersesat dalam menentukan obat yang pas untuk diri anda.


Tags: , , , ,