Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Pahami Cara Mengobati Batuk Dan Makanan Sehatnya

Berbeda jenis batuk maka akan berbeda cara mengobati batuknya. Seperti sakit batuk berdahak misalnya, maka obat yang digunakan biasanya ialah obat yang meredakan tenggorokan dan obat yang merangsang keluarnya lendir pada tenggorokan si penderita. Secara keseluruhan, makanan yang dihindari untuk para penderita penyakit batuk pun sama. Berikut ini sehatfit.com akan memberikan penjelasan seputar cara mengobati batuk dan makanan sehatnya yang seharusnya dikonsumsi.

Antisipasi dan Cara Mengobati Batuk Dan Makanan Sehatnya

Cara Mengobati Batuk Dan Makanan Sehatnya

Cara Mengobati Batuk Tanpa Pengobatan

  • Dengan menggunakan jaket saat keluar rumah merupakan cara yang paling sederhana untuk mengobati batuk bila memang anda tengah menderita penyakit tersebut.
  • Mandi air hangat pun juga disinyalir bisa mengurangi resiko memburuk penyakit batuk. Kedua cara itu bertujuan untuk menghangatkan tubuh.
  • Menggunakan minyak kayu putih di sekitar dada, hidung dan leher pun bisa mengobati rasa sakit ketika batuk melanda. Guna minyak kayu putih ini sebagai penghangat saluran pernafasan.
  • Makanan sehat yang bisa dikonsumsi bagi para penderita penyakit batuk ialah makanan yang tidak mengandung gula berlebih. Gula dan sumber manis yang menyengat lainnya dapat membuat tenggorokan lebih gatal dan malah memicu batuk lebih parah.

Cara Mengobati Batuk Dengan Ramuan Tradisional

Resep yang satu ini merupakan resep tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan batuk. Hanya dengan jeruk nipis dan kecap, kedua bahan ini diyakini masyarakat bisa memperbaiki kondisi tenggorokan yang gatal. Cara membuatnya pun sangat mudah, hanya dengan peras jeruk nipis secukupnya dan campurkan dengan kecap kemudian minum secara teratur kurang lebih 2 sampai 3 kali dalam sehari. Minumlah sampai batuk terasa lebih mendingan.

Masih ada cara lain yaitu dengan ramuan herbal tradisional dengan bahan utama gula batu, daun sirih dan kencur. Cara membuatnya ialah dengan mengiris daun kencur seberat 30 gram kemudian campurkan dengan 7 lembar daun sirih. Masak dengan air kurang lebih 600cc. tunggu hingga air tersisa setengahnya. Saring ramuan tersebut hingga tidak tersisa ampasnya, kemudian tambahkan gula batu secukupnya. Minumlah ramuan ini secara teratur dengan takaran 2 kali sehari.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Dan Batuk Kering

  • Mudahnya, Anda cukup menjauhi tempat yang bersuhu dingin dan berdebu.
  • Usahakan tubuh Anda tetap dalam kondisi yang hangat, mandi pun dengan air hangat.
  • Bila anda perokok aktif, maka berhentilah untuk kesehatan Anda yang lebih baik.
  • Agar kondisi yang lebih baik pun anda harus berjaga jarak dari mereka yang merokok agar anda tidak menghirup asap rokok.

Makanan Yang Sehat Untuk Penderita Batuk

Makanan yang sehat bagi penderita batuk pun sangat mudah, anda cukup menghindari makanan yang berminyak atau makanan yang digoreng. Karena minyak goreng dapat membuat tenggorokan terasa lebih gatal dari biasanya bila kondisi sedang tidak fit. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa penderita batuk harus menghindari makanan manis. Bila anda beranggapan bahwa memakan buah dapat menanggulangi penyakit batuk, maka sebaiknya anda harus mengetahui buah apa saja yang seharusnya anda konsumsi. Dan yang terpenting ialah perbanyaklah meminum air putih.

Hindari Buah Berikut Ini Bila Anda Menderita Batuk

Buah yang harus anda hindari ialah buah rambutan dan buah kelengkeng. Kedua buah ini diyakini bisa menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan. Hal tersebut memang bisa dirasakan secara langsung ketika anda mencicipi buah tersebut. Rasa kedua buah ini memang sangat manis sehingga dapat merangsang seseorang untuk batuk.


Tags: , , , , , , ,