Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Obat dan Cara Mengobati Cacar Air

Cacar air merupakan penyakit yang terjadi sekali seumur hidup. Jika seseorang sudah pernah mengalami penyakit ini, maka untuk selanjutnya tidak akan mengalaminya lagi. Penyakit cacar air merupakan penyakit kulit, tetapi bukan bisul. Memang bentuknya sama dengan bisul, berbentuk benjolan merah yang rasanya panas dan gatal.

Namun, penyakit cacar air terdapat cairan putih di dalam benjolan tersebut. Cairan putih ini bisa menimbulkan benjolan lain di sekitar kulit lainnya jika tidak dibersihkan ketika benjolan pecah. Sehatfit.com mempunyai obat dan cara mengobati cacar air yang bisa Anda ikuti untuk meringankan penyakit kulit musiman ini. Obat yang digunakan memang obat sama dengan penyakit kulit lainnya, yaitu salep atau bedak.

OBAT DAN CARA MENGOBATI CACAR AIR SEBAGAI BERIKUT:

Obat dan Cara Mengobati Cacar Air

Mandi Air Hangat

Banyak orang yang bilang bahwa ketika terserang penyakit cacar air disarankan jangan mandi, justru itu salah. Anda lebih baik mandi dengan air hangat. Kadar air hangat bisa membantu membunuh kuman atau bakteri penyebab penyakit tersebut yang berada di luar benjolan. Tapi disarankan tidak mandi terlalu sering, Anda bisa mandi maksimal tiga hari sekali atau dua hari sekali, kemudian larutkan cairan “PK” untuk membantu membunuh kuman-kuman tersebut. Jangan mandi dengan air dingin, kandungan air dingin tidak akan membantu membunuh kuman, justru akan memperparah aliran air bening dari benjolan merambat ke seluruh tubuh dan menyebabkan benjolan-benjolan baru.

Hindari Angin

Terlalu sering terkena angin juga akan menyebabkan benjolan semakin membengkak. Baca penyebab cacar air. Selain itu, Anda juga akan lebih merasakan panas tubuh meningkat. Sebisa mungkin hindari angin, khususnya angin malam. Angin malam sering kali justru akan memperburuk penyakit cacar air ini. Biasanya untuk anak kecil juga tidak mau memakai baju dengan alasan panas atau sakit karena terkena gesekan baju. Jika demikian, sebaiknya tetap kenakan baju meskipun baju dalam, jangan biarkan anak Anda keluar rumah dengan keadaan suhu udara yang tinggi.

Banyak Minum Air Putih

Ketika luka cacar air sudah mulai mengering, sebaiknya minum banyak air putih. Masa penyembuhan ini membutuhkan asupan air putih untuk menetralisir ginjal setelah mengkonsumsinya obat terlalu banyak. Ketika minum air putih, memang tubuh akan selalu berkeringat, tetapi tenang saja. Luka yang sudah mengering tidak lagi terasa panas dan tidak mengeluarkan cairan putih lagi.

Konsumsi Buah

Sebagai obat dan cara mengobati cacar air Anda juga harus banyak mengkonsumsinya buah dan sayur. Vitamin yang dikonsumsi berguna untuk membangun daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh menurun, penyakit cacar air tersebut bisa saja kembali menyerang, karena penyakit ini bersifat timbul kembali jika daya tahan tubuh menurun sedikit saja. Sehingga disarankan tetap mengkonsumsinya vitamin hingga daya tahan tubuh stabil.

Gunakan Lotion

Setelah luka-luka pada cacar air sudah mengering, cara mengobati cacar air selanjutnya yaitu menggunakan lotion. Lotion ini berguna untuk menambah kelembaban kulit. Jika kulit lembab maka terhindar dari iritasi lainnya. Ketika luka yang baru mengering sering kali lebih rentan terkena goresan-goresan yang menyebabkan iritasi kembali, sehingga gunakan lotion ketika luka sudah benar-benar mengering.

Jus Buah Mengkudu

Selain cara mengobati cacar air di atas, Anda juga bisa menggunakan obat cacar air dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami merupakan obat paling efektif untuk mengobati penyakit yang dimiliki manusia. Obat alami juga tidak mempunyai efek samping, sehingga bisa dikonsumsi dalam jangka panjang. Obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati cacar air yaitu jus mengkudu.

Mandilah dengan air panas untuk mematikan kuman-kuman yang datang dari cairan di benjolan ketika cacar air memecah. Tetap lindungi tubuh agar tidak terkena iritasi dan gesekan, serta terkena angin yang berlebihan.


Tags: , , , ,