Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Mengenal Gejala Demam Berdarah DBD Agar Tidak Terkecoh

Mengenal Gejala Demam Berdarah DBD Agar Tidak Terkecoh – Demam berdarah atau yang biasa disebut DBD menjadi satu masalah kesehatan yang cukup ditakuti. Penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk ini memang bisa menyerang siapa saja, baik perempuan maupun lelaki, dewasa maupun masih anak-anak. Maka dari itu, penting kiranya untuk mengetahui gejalanya agar tidak terlalu menderita dan bisa ditangani dengan cepat. Apalagi, dalam penyakit DBD, ada fase kritis yang bisa mengakibatkan penderitanya merasa sangat sakit dan tidak bisa beraktivitas.

Ini dia gejala demam berdarah DBD yang perlu Anda kenali

Mengenal Gejala Demam Berdarah DBD Agar Tidak Terkecoh

Demam tinggi secara tiba-tiba

Salah satu cara mudah dalam mengenali demam berdarah adalah dengan memperhatikan gejala demamnya. Jika gejala demamnya biasa saja, maka Anda tidak perlu panik. Demam berdarah identik dengan demam yang tinggi dan datangnya secara mendadak. Misalnya, di siang harinya Anda bisa beraktivitas dengan baik namun di malam hari tiba-tiba demam menggigil dengan suhu yang sangat tinggi hingga aktivitas menjadi terganggu. Kalau sudah seperti ini Anda patut curiga.

Fase kritis di hari ketiga

Ada fase kritis yang mungkin dialami oleh penderita. Saat demam hari pertama, biasanya jika dicek langsung ke laboratorium, akan dihasilkan hasil negatif yang palsu. Namun, tidak demikian ketika tes laboratorium dilakukan di hari ketiga. Di mana saat ini fase DBD sedang memasuki masa kritis dan akan sangat mudah mengenali gejala demam berdarah DBD dan mendapatkan hasil laboratorium yang tidak mengecoh.

Sakit kepala

Gejala lain yang biasanya menyertai demam tinggi pada penderita DBD adalah nyeri atau sakit kepala. Kondisi ini memang bisa dirasakan atau bisa terjadi dalam gejala penyakit lainnya. Sehingga untuk mengetahui apakah Anda menderita DBD atau tidak, tidak hanya bisa dilihat dari gejala sakit kepala ini.

Bercak merah

Demam berdarah identik dengan kemunculan bercak merah di kulit. Bercak merah ini muncul dan mudah sekali dilihat dalam mata telanjang. Namun demikian, tidak semua penderita bisa mengalami hal ini.

Gejala lain yang bisa digunakan untuk menandai

Beberapa gejala lain selain demam tinggi mendadak, bercak merah, dan sakit kepala, akan kami paparkan di bawah ini;

  1. Nyeri otot
  2. Nyeri tulang
  3. Mimisan atau pendarahan lainnya
  4. Ruam
  5. Nyeri di belakang mata
  6. Kadar leukosit yang rendah di hasil laboratorium

Untuk mengetahui apakah Anda terkena DBD atau tidak, harus ada minimal 2 gejala di atas. Jika Anda mengalaminya, lebih baik segera ke dokter untuk mengetahui secara pasti. Namun hindari panik di hari pertama ditakutkan akan mendapatkan hasil palsu.

Baca Juga: Cara Menghindari Demam Berdarah DBD saat Musim Hujan

Adanya orang di sekitar Anda yang terkena DBD

Kewaspadaan harus meningkat saat ada keluarga, teman satu kos, atau pun orang di sekitar Anda yang terkena penyakit ini. Nyamuk yang menularkan ini tentu ingin kenyang dan bisa jadi menularkannya pada beberapa orang di dalam rumah atau tempat tinggal Anda.

Itulah beberapa gejala demam berdarah DBD yang harus Anda waspadai.

Salam sehat – sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , , , , , ,