Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Mengenal dan Mencegah Hernia Sejak Dini

Hernia merupakan penyakit mengerikan yang tentu saja dihindari banyak orang. Penyakit ini bisa menimpa orang dewasa dan anak-anak. Mungkin beberapa diantara anda masih awam dengan penyakit hernia, karena kurangnya informasi dan pengetahuan tentang jenis penyakit ini. Namun sebenarnya penyakit ini cukup familiar di kalangan masyarakat dengan nama lain, yaitu turun berok. Ya, mendengar kata turun berok pasti lebih familiar dibanding hernia. Penyakit ini sering menimpa orang yang memiliki akitivitas terlalu tinggi, dan kurangnya jam istirahat yang cukup. Untuk menghindari penyakit tersebut, tentu saja anda harus mengenal gejala awalnya terlebih dahulu. Berikut ulasannya.

Gejala Penyakit Hernia

  • Muncul Tonjolan Pada Pangkal Paha
  • Perasaan panas dan seperti terbakar pada tonjolan tersebut.
  • Merasa tidak nyaman pada area pangkal pahal, terlebih saat mengangkat beban berat
  • Sensasi yang luar biasa pada area pangkal paha

Setelah mengetahui beberapa gejala penyakit hernia, kini saatnya anda menyimak ulasan tentang tips untuk mencegahnya.

Mengenal dan Mencegah Hernia Sejak Dini

Hernia

Tips Mencegah Penyakit Hernia

  • Teknik Angkat Berat

Mulai sekarang, perhatikanlah teknik dan cara angkat berat yang anda lakukan. Jangan sembarangan saat mengangkat barang, khususnya barang-barang yang sangat berat. Jika anda terbiasa melakukan angkat berat secara sembarang dalam jangka panjang, maka lama kelamaan hal itu akan menimbulkan penyakit hernia. Jangan biarkan hal itu terjadi, maka dari itu mulailah berhati-hati dalam mengangkat beban yang berat. Jika perlu, gunakanlah alat bantu untuk mengangkat barang, supaya mempermudah pekerjaan dan menghindari terjadinya hernia.

  • Hindari Angkat Berat Melebihi Kemampuan

Salah satu penyebab utama penyakit hernia adalah kebiasaan angkat berat yang melebihi kapasitas atau kemampuan. Jika dilakukan dalam jangka pendek, hal tersebut tentu tidak akan berpengaruh banyak pada tubuh anda. Namun jika anda melakukannya dalam jangka panjang dan terus menerus, maka resiko terkena penyakit hernia akan lebih meningkat. Maka dari itu, sesuaikan barang-barang yang akan diangkat dengan kemampuan tubuh dan fisik anda.

  • Mewaspadai Sulit Buang Air Kecil

Selain angkat berat, hal lain yang harus diperhatikan adalah saat kecing. Jika anda mengalami sulit kencing, segeralah berkonsultasi ke dokter. Dalam beberapa kasus, penyakit hernia bisa disebabkan oleh sulit kencing.

  • Perbanyak Konsumsi Makanan Kaya Serat

Untuk mencegah penyakit hernia, salah satu upaya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Selain itu, perbanyak pula minum air putih dan konsumsi buah-buahan segar.

  • Olahraga Teratur

Cara ini memang terdengar klasik dan sudah sering di dengar. Namun pada faktanya, olahraga teratur memang sangat berperan untuk mencegah terjadinya hernia. Orang-orang yang mengidap hernia biasanya adalah mereka yang terlalu sering mengangkat beban berat di luar kemampuan, dan kurang olahraga dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa tips tentang bagaimana Mencegah Penyakit Hernia Sejak Dini. Semua langkah di atas sangat penting untuk anda lakukan, karena penyakit hernia bisa menyerang semua umur tanpa batasan. Jangan sampai anda menyesal dikemudian hari gara-gara terlalu acuh dan tidak mau tahu tentang gejala dan cara pencegahan hernia. Dalam segala hal, langkah pencegahan adalah hal yang cerdas dan perlu dilakukan, karena penyesalan selalu terjadi di akhir.

Informasikan pula ulasan ini pada keluarga atau orang-orang terdekat, supaya mereka bia lebih berhati-hati dalam segala aktivitas yang dilakukan, supaya bisa terhindar dari penyakit ini. Sekian ulasan dari kami tentang Cara Mencegah Penyakit Hernia, semoga bermanfaat.


Tags: , , , , ,