Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Manfaat Khasiat Pijat pada Bayi

Manfaat Khasiat Pijat pada Bayi – Apakah Anda baru saja melahirkan dan atau sedang memiliki bayi di rumah? Seringkah Anda melihat bayi yang diam ketika dipijat? Apa sebenarnya manfaat pijat buat bayi Anda? Di sini, kami akan memberikan pemaparan mengenai manfaat dari pemijatan yang dilakukan pada bayi. Selengkapnya dapat Anda simak langsung ya?

Berikut manfaat khasiat pijat pada bayi buat Anda semua

Manfaat Khasiat Pijat pada Bayi

Pertama, untuk mengatasi kolik

Tahukah Anda apa itu kolik? Kolik merupakan satu kondisi yang terjadi saat bayi menangis namun Anda tidak mengetahui apa sebab dari tangisan tersebut. Saat ini terjadi, Anda bisa memijat bayi pada area perutnya supaya bayi lebih tenang dan tidak menangis lagi.

Kedua, meningkatkan metabolisme

Pijatan pada bayi juga memiliki manfaat yang baik buat sistem pencernaan. Khususnya saat bayi mengalami stres hingga metabolisme dan sirkulasi darahnya terganggu. Di saat seperti ini, sentuhan dari tangan Anda bisa membantu meningkatkan metabolisme, melancarkan kembali sirkulasi darahnya, serta meningkatkan oksigenisasi.

Ketiga, kualitas tidur lebih baik

Dengan pemijatan yang benar dan baik, akan menjadi stimulun buat bayi Anda untuk tidur lebih lelap sehingga kualitas tidurnya pun menjadi lebih baik.

Keempat, bayi lebih rileks

Tidak hanya pada orang dewasa, efek positif pijat juga bisa dirasakan oleh bayi, yakni rileks dan lebih nyaman. Badan lebih terasa enteng dan enak. Hal ini terjadi karena sentuhan seorang ibu pada kulit bayi saat memijat bisa mengirimkan sinyal ke otak atau saraf-saraf yang bisa membuat mereka lebih tenang.

Kelima, daya tahan tubuh yang lebih baik

Daya tahan tubuh atau sistem imun dari tubuh bayi bisa meningkat melalui pemijatan. Tidak hanya bayi yang dilahirkan secara normal, manfaat khasiat pijat pada bayi ini juga berlaku bagi bayi yang lahir prematur sekali pun. Juga, anda bisa menambah daya tahan bayi anda melalui asupan makanan balita yang tepat.

Keenam, pijat vs nyanyian dan obrolan

Banyak dari ibu-ibu yang memperdengarkan kalimat-kalimat positif buat buah hatinya ketika masih bayi. Atau memperdengarkan lagu atau hal lainnya yang bersifat baik. Hal ini memang baik sebagai stimulus buat mereka. Namun stimulus yang berasal dari nyanyian serta obrolan dengan bayi ini masih berada di tingkat rendah atau lebih dikenal dengan istilah low level. Berbeda dengan pemijatan yang langsung dilakukan melalui sentuhan tangan ibu pada kulit bayinya. Pemijatan bisa memberikan rangsangan yang baik pada tubuh bayi karena dilakukan secara langsung. Usapan lembut pada tubuh mereka diterima dengan baik. Jadi, tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda mencoba memberikan sentuhan lembut dan perlahan di tubuh bayi sambil dinyanyikan lagu, juga sambil menatap matanya. Memberikan sinyal kasih sayang yang besar kepada buah hati Anda dan memberikan ajaran kasih sayang pula pada mereka.

Toh, baik nyanyian dan obrolan tetap memiliki manfaat buat bayi sebagaimana manfaat khasiat pijat pada bayi. Meskipun memang tingkatannya berbeda.


Tags: , , ,