Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Manfaat Khasiat Jahe untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Khasiat Jahe untuk Kesehatan dan Ibu Hamil – Zaman dulu, banyak orang yang lebih mempercayai cara alami untuk menyelesaikan masalah kesehatan yang dialami oleh seseorang. Dan salah satu akar yang sangat familiar di telinga masyarakat kala itu adalah jahe. Ya, jahe menjadi satu rimpang selain kunyit yang sangat digandrungi karena memiliki banyak manfaat dan khasiat yang tersembunyi. Tidak hanya untuk kesehatan orang normal, jahe bahkan juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Apa sajakah manfaat serta khasiat dari jahe ini? Kami akan mengulasnya secara lengkap dalam artikel khas sehatfit.com ini.

Berikut manfaat khasiat jahe untuk kesehatan dan ibu hamil

Manfaat Khasiat Jahe untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat jahe untuk kesehatan

Ada banyak sekali manfaat jahe untuk kesehatan, dan berikut beberapa di antaranya;

  1. Mengatasi masalah mual
  2. Mengatasi masalah pencernaan
  3. membantu meredakan sakit dan inflamasi
  4. mengurangi sakit kepala
  5. membantu mengatasi masalah sakit saat menstruasi
  6. memiliki efek menghangatkan
  7. membantu sirkulasi
  8. membantu mencegah pertumbuhan bakteri salmonella
  9. mengurangi gas
  10. mencegah terjadinya sakit perut akibat obat-obatan seperti ibuprofen dan aspirin, dll

Manfaat jahe untuk ibu hamil

Selain bermanfaat bagi kesehatan orang normal, jahe juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Dalam hal ini, jahe bertindak sebagai salah satu rimpang yang akan membantu ibu hamil dalam mengurangi masalah morning sickness dan mual saat hamil di awal-awal kehamilan. Namun, jangan sering-sering minum jahe juga tanpa memberi tahu kepada bidan atau dokter yang menangani Anda. Untuk menyajikan jahe saat hamil, Anda bisa memilih membuat jahe hangat atau teh jahe yang hangat. Anda bisa menyediakan minuman tersebut di samping Anda sebagai pengurang rasa ingin mual dan muntah.

Cara menikmati jahe

Selain manfaat khasiat jahe untuk kesehatan dan ibu hamil yang sangat banyak. Jahe juga memiliki cara penyajian yang beragam. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh, berikut beberapa di antaranya;

Pertama, bubuhkan jahe di jus

Jahe bisa dipercikkan dalam minuman Anda, misalnya saat Anda membuat jus. Anda bisa membuat jus wortel dan apel bahkan lemon dengan jahe di dalamnya. Rasanya tentu enak dan tidak akan mengecewakan.

Kedua, jahe di hidangan penutup

Tidak hanya di minuman, jahe juga bisa dimasukkan dalam menu makanan penutup. Tentu, Anda bisa menikmati ini jika mau membuat sendiri hidangan penutup tersebut. Makanan manis dengan jahe di dalamnya membuat cita rasa makanan tersebut makin kuat.

Ketiga, masakan sehari-hari

Orang Indonesia dikenal dengan masakan yang bumbunya cukup lengkap. Mari kita lihat saja, banyak sekali masakan khas Indonesia yang menyertakan jahe ke dalam bumbunya. Dan ini pun bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menikmati jahe.

Baca Juga: Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Bukan tidak mungkin, dari kecil sebenarnya orang Indonesia sudah merasakan manfaat khasiat jahe untuk kesehatan dan ibu hamil, hanya saja kadang kita tidak mau menyadarinya.


Tags: , , , , , ,