Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Makanan Sehat untuk Cacar Air dan Yang Harus Dihindari

Makanan sehat untuk Cacar Air dan yang harus dihindari– Makanan menjadi salah satu kebutuhan yang sangat vital bagi penderita penyakit cacar air. Penyakit yang ditularkan oleh virus ini memang mudah sekali diderita oleh orang apalagi yang memiliki daya imun rendah. Sayangnya, perawatan dan pengobatan saja tidak cukup. Penderita cacar air juga harus dirawat melalui makanan sehat dan makanan pilihan. Salah dalam memberi makan atau salah dalam memilih makanan dapat berimbas pada penyakit cacar air yang memiliki proses penyembuhan cukup lama. Penasaran dengan makanan apa saja itu?

Kali ini, sehatfit.com akan mengajak Anda mengenali beberapa jenis makanan yang disarankan untuk konsumsi oleh penderita cacar air dan makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi karena dapat memperburuk keadaan. Simak ulasannya di bawah ini.

Ini dia makanan sehat untuk cacar air dan makanan yang dilarang dan harus dihindari

Makanan Sehat untuk Cacar Air dan Yang Harus Dihindari

Makanan yang baik untuk penderita cacar air

Mari kita mulai dengan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita cacar air terlebih dulu. Berikut beberapa di antaranya;

Pertama, buah-buahan

Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C sangat baik untuk penderita cacar air. Pasalnya, buah dengan vitamin C dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh penderita cacar air sehingga dapat mengurangi gejala cacar air yang ditimbulkan. Dalam hal ini, konsumsi buah jeruk segar atau jus jeruk sangat disarankan. Akan tetapi disarankan untuk tidak memakan buah dengan rasa asam karena akan memperburuk keadaan.

Kedua, teh herbal

Beberapa jenis herbal teh yang berasal dari chamomile, kemangi, dan kayu manis bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita cacar air. Pasalnya, penderita cacar air rentan sekali dengan kehilangan nafsu makan yang pada kelanjutannya akan menyebabkan dehidrasi. Makanan sehat untuk cacar air yang disebutkan sebelumnya bisa menjadi salah satu solusi alternatif yang baik untuk penderita.

Ketiga, daftar makanan lainnya

Makanan lain yang dapat dikonsumsi oleh penderita cacar air adalah tahu, kenari, wortel, jahe, bawang putih, blueberry, buah bit, kacang mete, dan yang lainnya. Selain itu buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti mentimun, semangka, kiwi, kubis, bayam, tomat, dan yang lainnya juga sangat dianjurkan.

Makanan yang harus dihindari

Sebaliknya, penderita cacar air harus pandai dalam memilih makanan. Hindari konsumsi makanan yang akan membuat rasa sakit cacar air makin terasa. Makanan yang dapat menyebabkan inflamasi juga harus dihindari. Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita cacar air;

  1. Makanan asin (bergaram)
  2. Daging
  3. Roti dan makanan yang membutuhkan proses berat
  4. Produk susu
  5. Junk food
  6. Makanan yang kaya lemak jenuh
  7. Makanan asam
  8. Makanan pedas
  9. Makanan yang mengandung arginin seperti kacang tanah, cokelat, biji-bijian
  10. Makanan yang mengandung lemak trans, dll

Memilih makanan sehat untuk cacar air dan berhati-hati dalam memilih makanan dapat membantu proses penyembuhan cacar air. Intinya, akan sangat baik memilih makanan yang bisa jadi booster daya imun tubuh.

Sehatfit.com


Tags: , , , , , ,