Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Makanan Sehat Saat Diare, Temukan Di Sini!

Makanan Sehat Saat Diare, Temukan Di Sini! – Saat seseorang mengalami diare atau BAB yang sering hanya dalam waktu sehari, sejumlah pantangan makanan pun harus dilakukan. Pemilihan makanan yang tepat bisa membantu masa pemulihan diri penderita diare. Tidak hanya saat diare saja, biasanya hal ini juga berlaku bagi mereka yang mengalami Muntaber. Di mana penderita mengalami hal yang sama, yakni sering keluar masuk toilet hanya untuk buang air besar. Nah, jangan bingung akan mengonsumsi apa saat Anda mengalami diare atau pun muntaber, sebab kami akan memberikan pemaparan makanan apa yang boleh dimakan dan makanan mana yang sebaiknya dihindari supaya tidak berakibat buruk bagi saluran pencernaan Anda. Silakan simak ulasannya di bawah ini.

Berikut kumpulan makanan sehat saat diare dan makanan yang harus dihindari

Makanan Sehat Saat Diare

Makanan yang salah dan tetap dikonsumsi saat diare bisa membuat keadaan Anda semakin buruk, untuk itu pengetahuan tentang makanan yang harus dihindari diperlukan di sini. Berikut detailnya;

Makanan yang harus dihindari

Ada beberapa jenis makanan utama yang harus dihindari saat diare, yakni;

Pertama, makanan berlemak

Makanan pertama yang harus dihindari oleh penderita diare adalah makanan berlemak. Makanan yang dimaksud di sini termasuk makanan yang digoreng dengan minyak yang sudah tidak sehat dan atau makanan berlemak lainnya. Makanan jenis ini bisa membuat keadaan diare semakin buruk.

Kedua, keju, es krim, susu, dan butter

Ada satu jenis diare yang disebabkan oleh intoleransi terhadap laktosa. Dan kandungan ini jelas ditemukan pada es krim, susu, butter, hingga keju. Maka dari itu, jika Anda memiliki masalah dengan hal tersebut sebaiknya hindari makanan yang mengandung laktosa itu. Termasuk juga menghindari yoghurt karena ada yang mengandung laktosa.

Ketiga, minuman beralkohol

Minuman beralkohol jelas bukan menjadi salah satu makanan sehat saat diare. Ini justru menjadi makanan atau minuman yang harus sangat dihindari.

Keempat, minuman berkafein

Tidak hanya minuman beralkohol, minuman berkafein pun harus dihindari. Anda bisa minum minuman yang lebih sehat seperti air putih atau air dicampur dengan gula dan garam yang lebih sering kita sebut oralit.

Kelima, pemanis buatan

Permen atau permen karet menjadi dua makanan yang dicontohkan mengandung pemanis buatan. Maka dari itu, hindari konsumsi makanan ini serta makanan lain yang mengandung pemanis buatan. Sebab ini bisa memperparah keadaan Anda yang sedang diare.

Keenam, makanan yang bisa memproduksi banyak gas

Ada banyak makanan yang bisa memicu produksi gas berlebih. Makanan seperti ini juga harus Anda hindari. Ada beberapa jenis sayuran yang masuk di dalam makanan tersebut, di antaranya adalah;

  1. Brokoli
  2. Kedelai
  3. Kol, dan yang lainnya

Untuk sementara hindari dulu, sampai Anda merasa kondisi Anda sudah mulai membaik.

Ketujuh, makanan yang mungkin sudah basi atau terlalu lama

Jika Anda merupakan orang yang terbiasa menyimpan makanan sehat dalam lemari es, terkadang kebiasaan ini membuat makanan bertumpuk di kulkas Anda. Nah, jika Anda sedang diare, sebaiknya hindari makanan yang sudah terlalu lama disimpan itu. Apalagi jika Anda ragu, sebaiknya dibuang saja. Pilih mana makanan sehat saat diare yang membuat Anda yakin, bukan yang meragukan.

Sebelumnya, baca juga gejala penyakit diare yang bisa menyerang anda.

Ini makanan sehat yang bisa dikonsumsi

Kelihatannya makanan yang harus dihindari cukup banyak, bukan? Jangan khawatir, Anda pun masih punya banyak pilihan makanan sehat untuk dikonsumsi saat diare, apa sajakah itu?

Pertama, makanan yang simpel

Jangan pikirkan makanan yang berat, justru makanan yang simpel bisa Anda pilih saat diare. Sebaiknya, konsumsi makanan ini di 24 jam pertama saat Anda mengalami diare. Beberapa makanan sehat saat diare itu adalah;

  1. Oatmeal
  2. Nasi
  3. Pisang

Kedua, makanan lainnya

Selain 3 makanan di atas, perut Anda juga akan mau bertoleransi dengan makanan di bawah ini;

  1. Roti tawar
  2. Ayam panggang tanpa kulit dan lemak
  3. Kentang rebus, dll

Dengan pengetahuan mengenai makanan sehat saat diare di atas, Anda tidak hanya bergantung pada obat-obatan saja, tetapi juga bisa menjaga saluran pencernaan Anda melalui makanan yang Anda konsumsi. Akan sangat bijak jika Anda mau memeriksakan diri ke dokter saat diare sudah tidak tertahankan dan membuat Anda lemas. Anda mungkin juga akan membutuhkan penanganan yang lebih serius lagi.

Salam sehat – sehatfit.com


Tags: , , , ,