Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Makanan Sehat dan Diet untuk Penyakit Batu Ginjal

Makanan Sehat dan Diet untuk Penyakit Batu Ginjal – Penyakit batu ginjal bukanlah penyakit yang bisa dipandang remeh. Kami sudah memaparkan dengan jelas mengenai gejala penyakit batu ginjal dan penyebab penyakit batu ginjal dalam artikel sebelumnya. Anda bisa menyimak keduanya jika berkenan. Atau lebih fokus pada diet untuk mencegah sekaligus membantu mengobati batu ginjal yang akan kami bahas dalam artikel ini. Mana yang Anda pilih?

Berikut kumpulan lengkap makanan sehat dan diet untuk penyakit batu ginjal

Makanan Sehat dan Diet untuk Penyakit Batu Ginjal

Makanan sehat untuk batu ginjal

Yang pertama yang akan kami bahas adalah jenis makanan sehat apa yang bisa dikonsumsi oleh seseorang yang ingin mencegah batu ginjal. Caranya sebenarnya sangat sederhana, sayang mungkin bagi sebagian orang ini cara yang cukup sulit untuk dilakukan. Yakni dengan mencukupi kebutuhan minum dalam sehari. Orang normal biasanya disarankan untuk minum minimal 8 gelas per hari. Sementara Anda yang ingin terhindar dari batu ginjal disarankan untuk minum sekitar 2 hingga 3 liter dalam satu hari. Bahkan ada yang menyarankan lebih untuk kondisi-kondisi tertentu. Lebih jelas tentang hal ini, Anda bisa tanyakan langsung atau konsultasikan secara pribadi dengan dokter yang merawat Anda.

Jangan lupa untuk memilih air yang kandungannya sehat dan hindari air yang sudah tercemar. Anda bisa mengecek kadar sedimen dari dalam air sehingga tidak terjadi penumpukan saat Anda mengonsumsinya setiap hari untuk terhindar dari jenis penyakit batu ginjal ini.

Nah, jika Anda bosan dengan air putih, maka Anda bisa menggantinya dengan air lain sebagai kombinasi. Air apakah itu? Air yang disarankan untuk dikonsumsi saat sedang mengalami batu ginjal atau mencegah terjadinya batu ginjal adalah air jeruk. Makanan sehat dan diet untuk penyakit batu ginjal ini terbilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Apalagi jika Anda memilih air jeruk. Pencegahan pun bisa dilakukan dengan sangat nikmat dan mudah, bukan?

Diet untuk penyakit batu ginjal

Selanjutnya, perlu Anda ketahui kalau diet untuk penyakit ini didasarkan pada kondisi masing-masing pasien. Atau dengan kata lain dapat disebutkan disesuaikan dengan jenis batu ginjal yang dialami oleh seseorang. Berikut kami paparkan secara lengkap;

Pertama, untuk kalsium oksalat

Sebaiknya, Anda mengurangi makanan atau minuman yang mengandung Natrium. Selain itu, makanan yang mengandung protein hewani juga harus dihindari. Makanan yang mengandung protein hewani tersebut adalah ikan, telur, dan daging. Sebagai ganti protein, ambil dari nabati sementara, Anda bisa memilih tahu atau tempe. Agar lebih mudah dalam pencegahan dan membantu proses penyembuhan. Anda bisa mengonsumsi kalsium dari makanan atau suplemen yang mengandung kalsium. Pilihan mana yang Anda pilih kembali pada Anda supaya makanan sehat dan diet untuk penyakit batu ginjal ini bisa terlaksana dengan baik. Kemudian, sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung oksalat dalam kadar yang tinggi. Makanan yang mengandung oksalat dalam kadar tinggi di antaranya adalah;

  1. Kacang-kacangan
  2. Dedak gandum
  3. Bayam
  4. Rhubarb

Kedua, kalsium fosfat

Untuk kriteria kedua, Anda bisa mengandalkan beberapa makanan sehat dengan aturan berikut ini;

  1. Kurangilah Natrium
  2. Kurangi juga protein hewani
  3. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium
  4. Konsumsi suplemen yang mengandung kalsium

Ketiga, asam urat

Kalau untuk kasus yang ketiga di mana batu ginjal dikaitkan dengan asam urat, maka Anda harus mengurangi protein hewani. Bukan menghilangkan protein hewani dalam menu makanan harian. Namun lebih kepada membatasi diri untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani tersebut.

Demikian informasi tentang makanan sehat dan diet untuk penyakit batu ginjal yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam sehat untuk kita semua.


Tags: , , , , ,