Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Makanan Sehat Dan Cara Mengobati Anak Susah Makan Saat Usia Balita

Untuk mengetahui cara mengatasi anak susah makan saat usianya masih balita, anda dapat mengunjungi sehatfit.com. Anak susah makan terutama saat usianya masih balita merupakan suatu masalah yang menjadi keluhan banyak orang tua, terutama seorang ibu. Biasanya seorang ibu melakukan berbagai macam cara untuk membuat anaknya nafsu makan, akan tetapi kebanyakan mengalami kegagalan, sehingga tidak sedikit seorang ibu yang merasa stres dan tertekan karena anak mereka yang masih dalam masa pertumbuhan tidak memiliki nafsu makan yang baik.

Makanan Sehat Dan Cara Mengobati Anak Susah Makan Diusia Balita Dan Beberapa Penyebabnya

Makanan Sehat Cara Mengobati Anak Susah Makan

Penyebab Anak Balita Susah Makan

Anak susah makan di usia balita merupakan masalah yang membingungkan bagi setiap ibu. Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk membuat anak-anak nafsu makan, berikut ini ada beberapa penyebab yang membuat anak susah makan, di antaranya adalah anak tidak pernah merasa benar-benar lapar karena adanya rutinitas minum susu atau makanan selingan, sehingga ia merasa kenyang. Penyebab yang selanjutnya adalah sang anak mulai memiliki selera dari rasa makanan, sehingga anak perlu diperkenalkan dengan rasa-rasa yang disukai.

Kemudian penyebab anak balita susah makan berikutnya adalah

  • Bosan dengan jenis makanan yang teksturnya halus dan itu-itu saja, sehingga mereka memerlukan jenis makanan yang lain dan membuat makanan tidak terlalu halus untuk dimakan.
  • Penyebab lain yang menimbulkan tidak nafsu makan pada anak adalah mulai adanya sikap negatif yang berupa penolakan terhadap rutinitas yang biasanya dijalani oleh anak.
  • Penyebab yang terakhir adalah karena anak terlalu sering mengonsumsi makanan selingan yang manis atau gurih.

Makanan Sehat Yang Dapat Dikonsumsi Oleh Anak Balita Yang Susah Makan

Mengetahui berbagai jenis makanan yang sehat untuk anak balita agar tumbuh dengan sempurna merupakan sebuah keharusan yang dimiliki oleh seorang ibu. Akan tetapi, dalam menyajikan makanan sehat untuk anak balita yang susah makan perlu adanya variasi menarik yang akan membuat anak menjadi nafsu terhadap makanan. Misalnya

  • Dengan membuat kreasi lauk yang sehat untuk anak dan terbuat dari bahan yang mengandung protein, vitamin, dan kalsium seperti omelet bayam yang dicampur dengan keju.
  • Makanan tersebut dapat dibentuk dengan menarik, sehingga anak tertarik untuk memakannya.
  • Kemudian dapat juga membuat makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, dan vitamin seperti mi, bakso, telur, jagung, dan margarin yang dibuat dengan bentuk menyerupai wajah seorang putri.

Tampilan ini akan membuat anak tertarik untuk mencobanya. Kedua jenis makanan yang sehat untuk anak balita ini merupakan salah satu makanan yang dapat disajikan untuk anak balita yang susah makan.

Tips Untuk Mengatasi Anak Susah Makan Di Usia Balita

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat anak balita memiliki nafsu makan, di antaranya adalah dengan :

  • Mencoba sajian porsi kecil untuk anak. Ingat bahwa lambung anak balita masih belum memiliki kemampuan untuk menampung makanan dalam porsi yang banyak seperti orang dewasa. Maka dari itu, mulailah dengan memberinya makan dalam porsi yang sedikit.
  • Kemudian jadikanlah momen makan menjadi saat-saat yang menyenangkan untuk anak dengan menghindari pemaksaan atau menakut-nakuti anak agar mau makan.
  • Kemudian buatlah jadwal teratur untuk makan anak, supaya ia mulai terbiasa untuk mengetahui jam makan yang seharusnya.
  • Berikutnya cobalah dengan memberikan camilan sehat kepada anak karena seiring dengan perkembangan usianya, maka ia akan mengalami rasa ingin tahu terhadap lingkungannya termasuk jajanan atau camilan.
  • Tips yang terakhir adalah dengan menghindari perilaku mengiming-imingi anak dengan makanan penutup sebagai hadiah jika dia mau makan karena hal itu akan membuat anak menjadi semakin sering menginginkan makanan yang manis.

Tags: , , , ,