Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Makanan Sehat Bagi Dislipidemia dan Cara Mengobatinya

Dalam artikel ini, dapat anda ketahui beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita dislipidemia. Dislipidemia sendiri adalah suatu kondisi di mana terdapat kelainan metabolisme pada lemak, baik lemak primer maupun lemak sekunder yang gejalanya adalah meningkatnya peningkatan (hyperlipidemia) atau penurunan kadar lipid dalam darah kondisi yang mengakibatkan gangguan lipid yang menyebabkan peningkatan atau penurunan kadar lipid dalam darah.

Untuk mencegahnya, dibutuhkan makanan-makanan yang mengandung kolesterol rendah untuk mengurangi gejala dislipidemia. Selain itu, anda juga harus melakukan pola hidup sehat dari sekarang. Seperti olah raga teratur, istirahat yang cukup, dan minum 8 gelas air putih setiap harinya. Untuk salah satu cara mencegah dislipidemia yaitu makan makanan yang rendah kolesterol Simak beberapa makanan yang rendah kolesterol berikut..

Beberapa Makanan Sehat Bagi Dislipidemia Dan Cara Mengobatinya

Makanan Sehat Bagi Dislipidemia dan Cara Mengobatinya

Kedelai

Kedelai adalah makanan sehat bagi penderita dislipidemia yang pertama. Kedelai dan turunannya seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan tepung kedelai sangat kaya akan isoflavon. Isoflavon sendiri adalah antioksidan yang mampu menekan kadar LDL atau kolesterol jahat. Namun untuk konsumsinya juga perlu diperhatikan tentang pengolahannya. Lebih baik direbus atau digoreng dengan minyak zaitun atau minyak kelapa sawit. Pengolahan dengan minyak bekas (jelantah) dan terlalu banyak santan akan memberikan kadar lemak jenuh tinggi yang justru memperburuk kadar kolesterol anda. Untuk diet kolesterol anda , konsumsi 25 gram kedelai perhari.

Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan sehat bagi penderita dislipidemia selanjutnya. Ikan salmon diketahui kaya akan omega 3 yang sangat baik untuk menekan koleterol jahat atau LDL dan trigiserilda yang mampu meningkatkan koleterol baik atau DHL. Ikan salmon juga kaya akan DHA dan EPA yang baik untuk kesehatan jantung. Di Indonesia ikan salmon juga dikenal baik untuk meningkatkan kecerdasan anak. Untuk kesehatan anda konsumsi minimal 2 porsi ikan salmon per Minggu.

Cokelat

Siapa bilang kalau cokelat memiliki kadar lemak yang tinggi? Itu adalah pendapat beberapa orang yang salah. Cokelat dapat memiliki lemak yang tinggi karena dicampur dengan susu yang terlalu banyak. Cokelat sebenarnya kaya akan antioksidan dan flavonoid yang baik untuk kesehatan kolesterol anda. Pilihlah jenis cokelat hitam atau dark chocholate sebagai makanan sehat bagi penderita dislipidemia.

Bayam

Bayam adalah sayuran yang kaya lutein. Lutein sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Lutein juga diketahui bagus untuk melindungi jantung karena mencegah penempelan lemak pada pembuluh darah. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat bagi penderita dislipidemia ini setengah mangkuk per hari untuk hasil maksimal.

Teh

Teh sebagai makanan sehat bagi penderita dislipidemia, kaya akan antioksidan yang mampu merelaksasi pembuluh darah sehingga terbebas dari kebekuan darah. Selain itu antioksidan flavonoid juga ampuh menurunkan kadar lemak jahat atau LDL. Konsumsi teh tiap hari mampu memenuhi kebutuhan antioksidan anda.

Bawang Putih

Jangan hindari bawang putih karena aromanya yang tidak sedap bawang putih diketahui ampuh mencegah hipertensi atau darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol. Menurut penelitian, bawang putih mampu memecahkan partikel kolesterol yang menempel pada pembuluh darah dan menjadi makanan sehat bagi penderita dislipidemia.

Beberapa makanan di atas adalah sebagian dari makanan sehat bagi penderita dislipidemia. Dengan diimbangi pol hidup sehat, olah raga dan tidur yang cukup, penyakit dislipidemia dapat diatasi dengan beberapa tips makanan di atas. Semoga bermanfaat.


Tags: , , , , , ,