Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Makanan Penyebab Asam Urat dan Harus Dihindari

Makanan Penyebab Asam Urat dan Harus Dihindari – Bukan rahasia lagi jika mengonsumsi makanan tertentu bisa membuat gejala asam urat makin menjadi. Biasanya beberapa jenis makanan bisa memperparah kondisi asam urat. Atau dengan kata lain bisa membuat asam urat kambuh dengan cepat. Dan saat asam urat kambuh, makanan ini mau tidak mau harus benar-benar dihindari. Nah, kali ini kami akan memaparkan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Silakan simak.

Ini dia makanan penyebab asam urat dan harus dihindari oleh penderitanya

Makanan Penyebab Asam Urat dan Harus Dihindari

Daging unggas

Kandungan purin dalam daging unggas cukup banyak sehingga bisa menyebabkan asam urat kambuh. Hindari daging bebek, kalkun, dan daging ayam.

Sayuran

Beberapa jenis sayuran bisa menyebabkan asam urat, di antara sayuran yang harus dihindari adalah asparagus, bayam, daun pepaya, kangkung, jamur kuping, buncis, daun singkong, dan kembang kol.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup banyak. Maka dari itu, Anda harus menghindarinya. Makanan yang dimasak dengan santan atau bersantan atau masakan dan olahan bersantan.

Makanan kaleng

Lihat kemasan secara detail ketika Anda mengonsumsi makanan kaleng. Hindari konsumsi ikan sarden dan kornet sapi yang bisa jadi mengandung purin tinggi.

Jeroan

Jeroan menjadi satu makanan yang terkenal memiliki kandungan yang kurang baik untuk asam urat. Semua penderita asam urat sudah mengetahui kalau harus menghindari makanan satu ini. Yang termasuk jeroan adalah ginjal, hati, limpa, otak, paru, usus, dan yang lainnya.

Kacang-kacangan

Meski baik untuk diet, beberapa jenis kacang-kacangan justru harus dihindari oleh penderita asam urat. Di antara jenis kacang-kacangan yang harus dihindari adalah melinjo, emping, kacang tanah, kacang hijau, dan tauge atau kecambah.

Buah-buahan

Tidak hanya kacang-kacangan, buah-buahan tertentu juga harus dihindari ketika Anda mengalami gejala asam urat. Buah-buahan yang dimaksud di sini adalah kelapa muda, nanas, dan buah durian.

Seafood

Makanan selanjutnya yang harus dihindari oleh penderita asam urat adalah seafood. Kepiting, ikan teri, tiram, cumi, ikan sarden, dan yang lainnya sebaiknya dihindari.

Selain makanan penyebab asam urat dan harus dihindari di atas, Anda juga perlu menghindari abon, dendeng, makanan yang berprotein tinggi, dan daging merah agar tetap sehat dan fit.


Tags: , , , , , , , ,